Dinas Pasar Sekolahkan Pedagang Agar Siap Bersaing
Dr. Eko Sya, MM, Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Pasar Rakyat (Rahmat Mashudi Prayoga)

MALANGTODAY.NET – Dinas Perdagangan Kota Malang telah mendata sekitar 100 pedagang pasar yang siap disekolahkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen pasar di Kota Malang.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Rakyat, Dr Eko Sya MM mengatakan jika sekolah ini akan dikemas dengan bentuk pelatihan hingga pendampingan, sehingga para pedagang punya daya saing dengan ritel modern.

Baca Juga: Bahaya Leukimia? Yuk Tangani Secara Alami di Rumah!

“Untuk itu perlu ada pembekalan lewat sekolah pasar ini,” kata dia, beberapa saat lalu.

Lanjut dia, sekolah yang akan menghadirkan para praktiisi ahli ini akan berlangsung setiap bulan dua kali pertemuan di Pasar Oro-Oro Dowo.

“Materinya seperti bagaimana melayani pembeli, melayani distributor, pengemasan dagangan, menghadapi komplain hingga permodalan,” terangnya.

Baca Juga: Peningkatan Harga Daging Ayam, Pedagang Terpaksa Turunkan Harga Sendiri

Untuk itu, ia mengimbau kepada semua pedagang untuk serius dalam mengikuti Sekolah Pasar tersebut. Bahkan selain dari Lingkungan Hidup, pihak perbankan juga tertarik terkait dengan program yang direncanakan sejak tahun 2017 ini.

Seperti yang diungkapkan Divisi Kredit Micro Bank Bukopin Cabang Malang, Agus Yanto. Ia mengaku ingin bekerjasama untuk membantu pedagang dalam permodalan.

“Kami siap melayani kalau ada pedagang yang membutuhkan dana, sehingga (pedagang) lebih meningkat kelasnya,” pungkasnya.


Reporter: Rahmat Mashudi Prayoga
Editor: Annisa Eka Safitri