Demi Prestasi Tinju, Petina Kota Malang Komitmen Renovasi MBC
Penampakan Malang Boxing Center @Bob/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Ketua Harian Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Malang Eko Nurcahyo, menyatakan pihaknya berencana akan merenovasi Malang Boxing Centre (MBC). Tujuannya tak lain untuk menarik minat pemuda kota Malang akan dunia tinju.

Eko menuturkan alasan pusat pelatihan tinju tersebut direvonasi karena kondisinya yang tak terawat. Buktinya, hari ini, Rabu (7/01/2019) pihaknya mengangkut sampah 1 truk penuh dari tempat latihan tinju tersebut.

“Iya karena sudah tak terawat lah. Tadi aja ngangkut sampah yang berserakan sampai 1 truk penuh. Ya nanti kita bersihkan supaya tempat latihan benar-benar representatif,” jelasnya.

Renovasi tersebut menggunakan swadaya insan tinju Kota Malang demi menjaring para pemuda-pemudi untuk menjadi atlit tinju. Sebab, saat ini ia mengaku sangat sulit untuk mencari bibit-bibit petinju muda di Kota Malang.

“Kita sudah adakan gelaran antar pelajar. Lakukan kejuaraan, ya sulit dapatnya. Mungkin yang aktif cuma di SMKN 1 Malang. Tapi juga masih kesulitan,” jelas Eko seusai rapat dengan penggagas ide renovasi ini, Ade Herawanto. Ade sendiri saat ini juga menjabat sebagai Ketua BP2D Kota Malang.

Oleh karena itu, di tanah yang tercatat milik Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) nantinya juga akan dibangun warung kopi. Tujuannya sebagai penarik pemuda-pemudi untuk datang ke MBC. MBC sendiri terletak di dalam kompleks Stadion Gajayana, Kota Malang.

“Ya nanti kita bangun kopian disini. Untuk entertaiment lah. Biar lihat dan tertarik gitu anak-anak muda”, jelasnya.

Dukungan dari Dispora Kota Malang

Hal senada juga disampaikan oleh Plt. Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Olahraga, Dispora kota Malang, Syamsul Huda. Ia menyatakan pihaknya mendukung renovasi tersebut karena ingin mengembalikan kejayaan tinju di kota Malang seperti tahun 80-an.

“Iya kita setuju dan mendukung, ya seperti tadi kita ingin mengembalikan kejayaan tinju seperti tahun 80-an, Malang sebagai barometer,” tuturnya di depan awak media seusai rapat di kantor Dispora.

Selain itu, Syamsul juga berharap pihak pengelola Malang Olympic Garden (MOG) yang memiliki klaim sebagian lahan tersebut bisa bekerja sama demi kemajuan prestasi tinju Kota Malang.

“Ya itu kita harapkan MOG nanti bisalah bekerjasama agar lahannya dikosongkan. Biar lebih leluasa dan representatif buat latihan,” jelasnya. (BOB/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.