Total Rumah Rusak Akibat Puting Beliung Singosari Menjadi 115 Unit
Kondisi pemukiman warga setelah diterjang puting beliung (yoga)

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kabupaten Malang, melalui Camat Singosari langsung melakukan koordinasi terkait bencana angin puting beliung di Dusun Blandit, Desa Wonorejo.

Eko Margianto, Camat Singosari telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. Pihaknya melakukan penanganan darurat bencana kepada para warga yang menjadi korban.

“Setelah mendapat laporan pukul 12.00 WIB tadi, petugas langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pendataan rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan. Tadi ada korban luka-luka juga sudah dilakukan perawatan medis,” kata Eko Margianto kepada MalangTODAY.net.

Lebih lanjut, Margianto akan berkaca pada penanganan bencana serupa yang melanda Desa Langlang agar prosesnya lebih cepat. Pendataan tersebut akan diklasifikasikan rusak berat, sedang dan ringan.

“Belajar dari pengalaman di Langlang lalu, Insya Allah yang sekarang lebih cepat penanganannya. Laporan saat ini sudah terdata sekitar 75 rumah yang rusak, kami masih terus melakukan pendataan,” ungkapnya.

Nantinya, hasil pendataan tersebut langsung akan disampaikan kepada BPBD untuk segera diupayakan bantuan langsung dari Pemerintah.

“Pihak BPBD nanti yang akan menentukan besaran dana bantuan yang diterima  masyarakat. Hal itu nanti berdasarkan atas bentuk kerusakan, apakah berat atau ringan,” jelasnya.

Selain petugas yang mendata terkait kerusakan rumah, petugas PLN juga terlihat mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan aliran listrik agar tidak mengganggu jalannya perbaikan rumah.

“Ya ini kan sudah mau gelap, jadi kami usahakan agar lampu bisa menyala. Tapi tadi setelag kami cek seluruhnya, aliran listrik masih aman dan tidak mengalami kerusakan akibat angin,” kata Dicky, petugas PLN Singosari. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here