Makin Marak, Ini Upaya Pencegahan Hoaks Ala KPU Kota Malang
Zaenudin sedang memberikan materi kepada calon relawan (Bob)

MALANGTODAY.NET Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Zaenuddin menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan pihaknya dalam memberantas berita palsu atau hoaks. Hal itu dijelaskannya dalam acara pengukuhan relawan demokrasi Pemilu KPU Kota Malang di Hotel Pelangi, Kota Malang, Senin (22/1/2019).

Dalam pemberantasan hoaks yang semakin meningkat, kata Zaenudin, KPU Kota Malang akan membentuk apa yang ia sebut sebagai kelompok netizen. Kelompok netizen inilah yang nanti akan mengawasi pergerakan hoaks dari dunia maya dan memberi sosialisasi ke masyarakat untuk membedakan berita palsu atau tidak.

Baca Juga  Dikawal 30 Advokad, Gunadi Handoko Gugat Abah Anton Lima Rupiah

“(kelompok netizen) nanti yang meng-counter isu-isu yang bersifat di media sosial”, ucapnya.

Untuk pelaksanaannya, lanjut Zaenudin, kelompok netizen ini nantinya memberi pengarahan ke masyarakat bahwa berita yang benar adalah yang berada di situs resmi KPU Kota Malang.

“Jadi, kami (Kelompok netizen) akan memberi tahu ke masyarakat yang benar adalah di website resmi (KPU), bukan yang lain” ujarnya.

Baca Juga  Temukan Hoax Bertebaran? Segera Laporkan Pihak Berwajib!

Sementara itu, kelompok pemberantas hoax tersebut terdiri dari enam orang yang telah diseleksi sesuai kemampuannya.

“Jadi relawan sudah melalui tahap seleksi dari berbagai organisasi dan sesuai divisnya” ujar salah satu peserta, Robi Darwis. (BOB/HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.