MALANGTODAY.NET - DPRD Kota Malang mencatat, tren pertumbuhan relisasi pendapatan daerah Kota Malang cenderung menurun. Penurunan secara drastis terjadi pada tahun 2016, di mana nominal angka terus merangsek ke bawah sejak tahun 2012. Dalam Paripurna DPRD Penyampaian Laporan Khusus DPRD Kota Malang Terhadap LKPJ Walikota Malang Tahun Anggaran 2016, yang berlangsung pada Jumat (12/5), Sekertaris Dewan, Bambang Suharijadi menyebutkan, pada tahun 2011, realisasi pendapatan daerah di kota pendidikan ini sebesar Rp 1.103 Triliun atau tumbuh 11,6 persen dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan pada 2012 pendapatan yang diperoleh sebesar Rp 1,356 Triliun (tumbuh 23 persen). Kemudian pada 2013 menjadi Rp 1.525 Triliun (tumbuh 12,4 persen), di 2014 pendapatan daerah sebesar Rp 1,765 Triliun (tumbuh 15,7 persen), dan pada 2015 realisasi pendapatan sebesar Rp 1,829 Triliun atau tunbuh hanya 3,6 persen.
Pelaksanaan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan II Jemah haji resiko tinggi Dinas Kesehatan Kota Malang di RSI Unisma @pipit

MALANGTODAY.NET – Ratusan calon jamaah haji di Kota Malang sejak pagi ini melakujan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan II jemah haji resiko tinggi di Rumah Sakit Islam Unisma.

Pemeriksaan fisik hingga vaksin pun dilakukan untuk meningkatkan kekebalan dari masing-masing calon jamah.

Kasi SE, Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Malang, Anik Hertin
PA mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini sangat penting untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan bagi setiap jamah. Karena tidak bisa dipungkiri, berdasarkan pengalaman sebelumnya, 40 sampai 45 persen jamah asal Indonesia memiliki kesehatan dengan resiko tinggi.

“Setiap tahap pemeriksaan harus dilalui calon jamah, agar proses beribadah nantinya tudak terganggu,” katanya, Jumat (12/5).

Menurutnya, tahun ini ada sekitar 1.128 jamah yang akan berangkat haji. Sementara proses pemeriksaan ini sendiri dilakukan sejak hari ini sampai 24 Mei mendatang. Per hari, sekitar 100 jamah yang akan mendapat pemeriksaan langsung.

“Sama seperti tahun sebelumnya, RSI Unisma masih menjadi rujukan. Karena memang yang memenuhi kualifikasi sementara hanya ini,” tambahnya.

Sementara beberapa pemeriksaan yang dilalui seperti kondisi fisik, radiologi, pemeriksaan urine, jantung, hingga imunisasi. Setiap calon jamah wajib mengikuti alur yang telah ditetapkan dan terpusat tersebut.(tiv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.