Berkerudung Cokelat di UMM, Menteri Susi Minta Izin Lepas Jas
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Malang (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Berbeda dengan penampilannya sehari-hari, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tampil dengan gaya feminin dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Malang Wisuda Ke-83 Periode I Tahun 2017.

Lengkap dengan kerudung warna cokelat, Susi yang biasanya dikenal dengan gaya tomboinya, hadir lebih feminin. Bahkan ketika berorasi sempat meminta izin melepas jas almamater yang sebelumnya dipakaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Malang.

“Saya izin melepas jas dulu, karena panas,” kata Susi di tengah-tengah orasinya, Sabtu (25/2). Sontak membuat seisi Dome UMM riuh tawa.

Sebelum didaulat menyampaikan pidato di hadapan ribuan wisudawan dan wisudawati, Menteri Susi tampak sangat santai dan tak bertele-tele mengikuti serangkaian acara.

Jika biasanya para pejabat melakukan proses penandatanganan MOU dengan gerak halus, maka beda halnya dengan ‘penguasa’ lautan ini. Ia sangat cepat dan bergegas meraih rangkaian kegiatan selanjutnya.

Lebih menarik lagi, setelah melakukan penandatanganan kerja sama, dia langsung turun panggung, tapi kembali dipanggil Rektor.

“Ibu, penyerahan cinderamata dahulu,” bisik salah seorang petugas.

Tak menunggu lama, dia langsung berbalik badan sembari tersenyum dan bergegas menerima sebuah karikatur bergambar dirinya.

Sontak ia kaget dan tampak senang dengan hadiah tersebut, sambil bergaya menatap bidikan kamera media massa.

“Sudah ya,” katanya tak lama setelah memamerkan cindera mata miliknya.

Masih dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos, Menteri Susi pun menyampaikan beberapa hal terkait kondisi kemaritiman di Indonesia. Bahkan ia sempat memuji keberanian Presiden Joko Widodo yang memilihnya mengemban amanat kenegaraan tersebut.

“Padahal saya ini kan tidak lulus SMA, hanya sampai kelas dua SMA saja, tapi Presiden Jokowi mampu melintasi sesuatu yang berbeda,” tambahnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here