Indonesia Pasar Haji dan Umroh Potensial bagi Arab Saudi
Ilustrasi Umat Islam Sedang Menjalankan Ibadah Salat@MalanfToday.net/DS

MALANGTODAY.NET – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, salat Idul Fitri di Kota Malang akan kembali menggunakan halaman gereja. Terutama salat yang dilaksanakan di masjid yang memang berdekatan dengan gereja, seperti Masjid Sabilillah dan Masjid Jami Kota Malang misalnya.

Bentuk toleransi antar umat beragama itu memang menjadi sebuah kebiasaan di kota pendidikan itu. Tak hanya ketika perayaan hari besar umat muslim, upaya saling membantu juga dilakukan ketika umat kristiani menggelar kegiatan keagamaan dan hari besar seperti natal.

“Komunikasi yang kami jalin antara pengurus masjid dan gereja sangat baik,” kata Sekertaris Takmir Masjid Sabilillah Kota Malang, Gus Akhmad Farkhan Hidayatullah pada Wartawan.

Sehingga, lanjutnya, sama dengan tahun sebelumnya, maka kegiatan shalat Idul Fitri yang akan jatuh pada Minggu (25/6) besok juga akan memakai halaman Gereja ST. Albertus yang letaknya tepat didepan Masjid Sabilillah. Begitu juga ketika akan ada kegiatan di Gereja ST. Albertus seperti Natal misalnya, yang juga menggunakan halaman masjid untuk parkir.

“Ketika salat Idul Fitri berlangsung pada hari minggu, pengurus gereja biasanya mengganti jadwal ibadah di jam lain,” tambahnya.

Senada, Sekertaris Paroki St. Albertus Wuri Andayani menambahkan, bentuk toleransi itu memang sudah terjalin sangat baik. Dalam berbagai kesempatan, pengurus masjid dan gereja sering bekerjasama untuk menjalankan perayaan keagamaan masing-masing pihak.

“Jadwal ibadah pada hari minggu besok memang ada yang ditiadakan, untuk yang jam enam pagi. Tapi kalau yang jam delapan masih sesuai dengan jadwal,” tambah Wuri.

Meskipun belum ada pemberitahuan secara formal melalui surat resmi, sebelumnya pihak gereja telah memberitahukan kepada para Jemaat gereja sekitar dua minggu lalu. Sehingga, dipastikan jadwal beribadah di Gereja ST. Albertus akan tetap berjalan dengan baik.

“Ketika natal pun, kita selalu menggunakan halaman masjid untuk parkir,” tambah Farkhan.

Rencananya, Shalat Idul Fitri yang akan dilaksanakan di Masjid Sabilillah itu akan menutup jalan. Karena pada tahun lalu, jamaah meluber sampai ke jalan mulai dari depan Carrefour hingga perempatan depan kantor lama PDAM Kota Malang. Jalan ditutup sejak pukul 05.00 WIB sampai dengan 07.00 WIB.

Selain itu, juga akan melibatkan tim keamanan dari kepolisian, banser, pengurus masjid, dan komunitas keagamaan. Sehingga, masyarakat yang hendak melaksanakan shalat di Masjid Sabilillah diimbau untuk datang tepat waktu dengan membawa perlengkapan salat yang dibutuhkan sekaligus alas salat.

“Berlaku sebagai khatib shalat besok adalah Rektor UIN Maliki Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si, bebernya.

Sedangkan untuk area parikir, bisa memanfaatman area di Jl. Candi Kidal, Jl. Tenaga, Jl. Borobudur, Jl. LA Sucipto, Jl. Candi Kalasan, Jl. Industri.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.