Begini Saran dari ICW untuk Berantas Korupsi di Indonesia
Perwakilan ICW, Ade Irawan (Yoga)

MALANGTODAY.NET – Perwakilan Indonesian Corruption Watch (ICW), Ade Irawan, menyampaikan beberapa faktor penyebab korupsi yang selama ini terjadi.

Faktor utama yang menjadi sorotan adalah korupsi karena kebutuhan, karena rakus, tata kelola yang buruk, pengawasan yang buruk, monopoli kekuasaan, penegakan hukum dan sanksi sosial yang sangat lemah.

Kendati begitu, ada beberapa strategi untuk melawan korupsi yang perlu diketahui masyarakat. Yakni, adanya pemimpin yang bersih, berani dan memiliki keinginan kuat untuk membasmi korupsi.

Selain itu, pemberantasan korupsi harus dimulai dari apa yang paling mudah dilakukan bukan yang harus diprioritaskan, supaya ada keberhasilan yang segera diperlihatkan untuk meneguhkan kepercayaan dalam melembagakan gerakan pemberantasan korupsi yang lebih luas.

“Perang melawan korupsi yang sistematis harus menjadi bagian dari perbaikan yang lebih luas, bagian dari upaya untuk membenahi administrasi pemerintah, menjadi alat untuk meningkatkan mutu pelayanan umum, dan reformasi birokrasi untuk meningkatkan partisipasi publik dalam hal pengambilan kebijakan publik,” beber Ade.

ICW berharap adanya partisipasi publik secara langsung. “Sekarang ini korupsi sudah dilakukan berjamaah, maka dari itu, melawan korupsi juga harua berjamaah.” timpalnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.