Bea Cukai Malang Sregep Sosialisasi Demi Kurangi Pita Cukai Palsu
Kepala Seksi Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan Bea Cukai Malang, Tri Hartana (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Setiap tahun, modus pemalsuan terhadap pita cukai terus berkembang. Nilainya pun tak main-main, bisa menyentuh angka miliaran.

Sehingga untuk menekan itu, Bea Cukai Malang pun sregep melakukan sosialisasi kepada pengusaha dan masyarakat.

Kepala Seksi Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan Bea Cukai Malang, Tri Hartana mengatakan, setiap tahun bentuk pita cukai selalu diperbarui.

Dengan begitu, maka pemalsuan akan susah dilakukan.

“Karena pengamanannya setiap tahun pasti akan lebih susah ditiru, dan dengan adanya perubahan maka kami perlu mensosialisasikannya,” terangnya pada Media, Kamis (9/3).

Menurutnya, modus pemalsuan terhadap pita cukai sangat beragam. Sehingga perlu dilakukan antisipasi sejak awal. Selain dengan pengamanan, juga melakukan operasi pasar secara berkesinambungan.

“Terlebih saat ini target kami naik menjadi Rp 9 Miliar, maka setiap langkah harus terus diupayakan,” tambahnya.

Sementara dengan adanya cukai baru, tambahnya, maka pengusaha yang sebelumnya memiliki atau melakukan transaksi pada 2016 akan diberi waktu untuk menukarkannya dengan pita cukai yang baru.

“Sebab konsumen banyak yang pintar, ketika mereka tahu cukai naik pada 2017, mereka sudah antisipasi dengan melakukan pembelian di akhir 2016 lalu,” terang Tri.

Tak hanya itu, dia juga menyampaikan agar masyarakat lebih teliti dalam memilih produk yang legal atau memiliki izin. Namun masih tak bisa dipungkiri, masyarakat yang belum mampu terkadang memang lebih memilih membeli rokok yang tanpa cukai.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here