Bantu Hak Sipil Anak, Bhayangkari Fasilitasi Pembuatan Akta Gratis
Suasana acara penyerahan @Yoga/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Bhayangkari cabang kota Malang baru saja menyelenggarakan acara bertajuk Pembuatan Akta Lahir Gratis. Hal ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Bhayangkari ke-66.

Ditemui oleh MalangTODAY, Susi Asfuri selaku Ketua Bhayangkari cabang Kota Malang mengaku bahwa pembuatan akta ini bertujuan untuk pemenuhan hak sipil anak. Acara ini diadakan untuk memudahkan dan memberikan mereka akta secara gratis. Adapun yang jadi sasaran adalah adalah pihak-pihak terkait Bhayangkari dan masyarakat umum.

Baca Juga: Masih Jemput Bola, Dispendukcapil Layani Pengurusan e-KTP di Sekolah

“Kita membuatkan untuk keluarga Polri, PNS, PHL dan juga masyarakat umum yang terdiri dari Panti Asuhan, Pelangi Indonesia, anak jalanan dan keluarga pra sejahtera di wilayah bantaran sungai, serta komunitas binaan Bhayangkari cabang Malang Kota. Totalnya ada 100 akta,” ujar Susi.

Ia berharap dengan adanya pembuatan akta gratis ini dapat membantu hak anak secara hukum terkait persoalan identitas. Adanya akta sendiri bertujuan untuk mempermudah urusan-urusan yang memerlukan identitas seperti urusan sekolah hingga bekerja kelak.

“Semoga anak-anak ini ke depannya lebih baik lagi dan juga akta ini kan sangat penting untuk identitas anak tersebut dan juga diakui secara hukum,” tukas Susi.

Rencananya, acara seperti ini akan diadakan secara rutin, baik setahun sekali maupun setengah tahun sekali.

Baca Juga: Kejar Target, Dispendukcapil Terus Maksimalkan Jebol Anduk

Memudahkan Verifikasi Dispendukcapil

Senada dengan Bhayangkari, Atik Fatima selaku pihak verifikator dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) mengaku pengurusan seperti ini lebih mudah karena adanya proses kerjasama itu.

Meski demikian, ia mengaku bahwa untuk pengurusan secara kolektif membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena jumlahnya yang banyak.

“Kalau kepengurusan kerjasama ini dua bulan karena kolektif (banyak), kan harus mengumpulkan syarat-syarat dan memastikan pengumpulannya,” ujar Atik

Baca Juga: Peringati HUT Kota Malang, Dispendukcapil Layani Dokumen 1 Hari Jadi

Ia juga berharap agar ke depannya dapat bekerja sama dengan pihak yang lebih banyak karena memudahkan dalam organisir data.

“Mungkin ke depannya kita bisa bekerjasama dengan banyak pihak karena kepengurusannya lebih mudah semisal ada data data yang keliru,” tutup Atik


Reporter : Rahmat Mashudi Prayoga
Editor : Raka Iskandar

Loading...