Atasi Kepadatan Arus, Petugas Gabungan Kota Malang Adakan Rekayasa Lalu Lintas
Petugas gabungan yang tengah melaksanakan rekayasa lalu lintas di lokasi yang menjadi salah satu titik kemacetan @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Petugas gabungan dari polisi lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub), serta TNI Kota Malang, hari ini Selasa (8/1/2019), mulai melakukan rekayasa lalu lintas di jalan persimpangan Mergan, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Rekayasa lalu lintas ini rencananya akan dilakukan selama 2 minggu ke depan. Hal ini dikarenakan arus kendaraan di lokasi tersebut sangat padat sehingga kerap mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang.

Baca Juga  Lolos Kandidat Dirut PDAM, Rendra Ingin Kota Malang Merdeka Air

Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputra yang didampingi KBO Lantas, Endiek Junaedi, menjelaskan bahwa arus lalu lintas dari arah barat (Bandulan) kini tidak boleh lurus langsung ke arah Kota Malang dan belok kanan (arah Sukun).

“Dari arah barat, harus belok kiri, tidak boleh lurus. Setelah belok kiri, lalu lintas bisa putar balik, sehingga bisa boleh kiri arah Kota Malang, atau lurus ke arah Sukun,” jelasnya (8/1/2019).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan setelah uji coba dilakukan nantinya akan diadakan evaluasi hingga selanjutnya bisa diambil kesimpulan. Menurutnya, beberapa hal yang mengakibatkan kemacetan, di samping lalu lintas sangat ramai adalah karena ruas jalan yang mengarah ke Sukun cukup sempit.

“Jalan dari atau ke selatan (Jl. Mergan Lori) cukup sempit. Arusnya cukup ramai dan padat.
Selain itu, masyarakat perlu lebih tertib lagi dalam berlalu lintas, khususnya di lokasi perempatan Mergan ini,” imbuhnya.

Baca Juga  ​Peduli Kesenian, KSS Jadikan Nelly Pembina Kesenian Tradisional 

Selain merekayasa lalu lintas, lampu traffic light yang ada di persimpangan tersebut juga telah diaktifkan lagi. Terkait dengan hal tersebut, beberapa pohon yang terlalu rimbun juga harus dipotong karena mengganggu pandangan pengguna jalan terhadap isyarat lampu. Selain di lokasi tersebut perubahan arus lalu lintas juga dilakukan di kawasan Jl. Jakarta Kota Malang.

“Lampu traffic light akan menyala dengan kisaran waktu 25 – 30 detik. Selain itu, kami mengimbau agar kendaraan truk besar tidak melewati lokasi tersebut. Apalagi pada jalan tersebut, bersatus kelas 3,” pungkasnya.


Reporter: Andika Fajar Kurniawan
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.