Antusias Pelaku UMKM Memperkuat Usaha Mikro dengan P-IRT dan Sertifikat Halal

MalangTODAY.net – Penguatan dan pengembangan UMKM merupakan salah satu cara yang dilakukan pemerintah demi tersedianya lapangan pekerjaan. Selain sebagai penyedia lapangan pekerjaan, keberadaan UMKM ditengah masyarakat saat ini sebagai alternatif dalam memperoleh penghasilan bagi pemilik usaha.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Malang kembali menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat. Diketuai oleh Miranti Puspaningyas, S.Pd., M.Akun yang merupakan dosen di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi. Kali ini kegiatan pengabdian kepada masyarakat diadakan di Paguyuban Koperasi UMKM Blitar Raya yang diketuai oleh Bapak Ahmad Zain, tepatnya di Aula Wisma PKPRI Kota Blitar dimulai pada hari Kamis (04/07/19).

Antusias Pelaku UMKM Memperkuat Usaha Mikro dengan P-IRT dan Sertifikat Halal
Kegiatan Pengmas tersebut berupa kegiatan mengedukasi tentang pentingnya pendaftaran P-IRT dan kepemilikan sertifikat halal bagi pengusaha makanan dalam rangka memperkuat keberadaan usaha mikro. Diharapkan dengan edukasi ini, semakin banyak produk usaha mikro yang telah terdaftar pada dinas kesehatan dan memiliki label halal sehingga kemungkinan untuk bersaing dengan produk yang telah melalui proses manufaktur sangat besar.

Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun sebagai salah satu pembicara menjelaskan bahwa P-IRT mampu membantu UMKM dalam urusan kepastian hukum dan kepastian akan kualitas produk makanan. Ditunjang dengan kemasan yang menarik, Penjualan produk UMKM yang berasal dari Kab. Blitar telah beredar diberbagai toko oleh-oleh. Bukan hanya di Kota Blitar maupun Kabupaten Blitar, produk makanan pengusaha mikro ini juga telah dipasarkan diluar negeri misalnya seperti di Hongkong.

Sebagai Negara dengan mayoritas penduduk beragama islam, dimana perlu pemberian label halal yang dapat meyakinkan konsumen bahwa bahan yang digunakan merupakan bahan yang halal. Jamil Mashadi, MUI Kab. Blitar menjelaskan bahwa pada dasarnya bahan yang berasal dari alam merupakan bahan yang halal untuk dijadikan pertimbangan untuk penentuan sertifikat halal.

“Antusias pelaku usaha mikro yang ada di Kab. Blitar ini sangat luar biasa, selama pemaparan materi mulai dari P-IRT dan juga Sertifikat halal peserta kegiatan melakukan interaksi yang baik, sehingga acara ini lebih cenderung sebagai ajang sharing dengan pihak UMKM”, Ujar Ibu Miranti.

Antusias Pelaku UMKM Memperkuat Usaha Mikro dengan P-IRT dan Sertifikat HalalMewakili semua pelaku UMKM, Bapak Ahmad Zain selaku ketua Paguyuban Koperasi UMKM se-blitar raya menyampaikan rasa terima kasih kepada Universitas Negeri Malang, khususnya Ibu Miranti dan Tim dan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Blitar yang telah membagikan Ilmu dan pembekalan bagi pengusaha Mikro, serta berharap program seperti itu berlanjut dilain waktu. Selain itu, Ibu Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun mengungkapkan bahwa respon pengusaha mikro sangat baik dan sangat kondusif sehingga acara dapat berjalan dengan sangat lancar.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.