Amankan Lebaran, Polres Malang Terjunkan 2.000 Personil
Apel gelar pasukan di lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Sedikitnya ada 2.000 personil bakal diterjunkan Polres Malang untuk mengamankan lebaran mendatang. Lima pos pengamanan turut disiapkan jauh-jauh hari.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menyampaikan, persiapan ini pun sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat 2019. Selain pihak kepolisian, ada instansi lain akan dilibatkan, diantaranya seperti dari Kodim, BPBD, PMI, Tagana, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan organisasi masyarakat.

Menurut pria yang akrab disapa Ujung ini, pengamanan akan difokuskan pada beberapa hal. Seperti tindak pidana jalanan atau street crime, potensi kemacetan dan bencana alam.

“Kami akan membangun lima pos PAM, yang bisa digunakan personil gabungan dalam melakukan pengamanan. Semua intansi akan dilibatkan,” kata Ujung, Jumat (17/5/2019).

Ditambahkannya, khusus untuk potensi kemacetan, Polres Malang akan fokus di exit tol Pandaan-Malang di Singosari. Dua pos pantau bakal didirikan di sekitar exit tol itu.

“Kami fokuskan pada exit tol di Singosari, karena diprediksi bakal terjadi penumpukan kendaraan pada pintu keluar jalan tol tersebut,” imbuhnya.

Selain potensi macet, perwira polisi dengan dua melati di pundak tersebut menuturkan, tak kalah penting adalah mengantisipasi terjadinya kejahatan jalanan. Maka dari itu, operasi di terminal, stasiun serta objek-objek lain akan lebih digetolkan.

Lebih jauh, untuk bencana alam sendiri akan diserahkan kepada BPBD, PMI, Tagana serta relawan lainnya. Polres Malang dalam hal ini hanya akan intens berkoordinasi. (Dhi/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.