Kota Malang dan Sejuta Kampung Tematik Yang Semakin Menarik
Kampung warna warni jodipan @istimewa
MALANGTODAY.NET – Kampung tematik, saat ini memang menjadi sangat hits di Kota Malang. Jadi, rasanya tak terlalu berlebihan jika kota yang juga dikenal sebagai kota pendidikan ini diberi julukan baru sebagai kota sejuta kampung tematik seperti salah satu contohnya adalah Kampung Warna Warni Jodipan.
Keberhasilan Kampung Warna-Warni Jodipan dan Kampung Tridi, nampaknya membuat Pemerintah Kota Malang kecanduan untuk mewujudkan pemikiran warganya menyulap kampungnya sebagai deretan kampung tematik.
Kini, deretan kampung yang dulunya kumuu pun disulap menjadi wahana pariwisata, layaknya yang terjadi di kampung Warna-Warni dan Tridi. Sebut saja kampung 3G (Gelintung Go Green) yang kini semakin dikenal masyarakat internasional karena inovasinya dalam menanggulangi banjir dan kekurangan air.
Selain itu, ada juga kampung putih yang berada tepat di bawah kawasan RSUD Syaiful Anwar. Kampung yang belum lama diresmikan itu pun menyuguhkan beberapa spot foto yang kece untuk para wisatawan yang hendak datang ke sana.
Paling baru, kota pendidikan ini juga akan meresmikan Kampung Biru Arema, yang lokasinya tepat berada di seberang Kampung Warna-Warni Jodipan. Sejak beberapa bulan terakhir, pengerjaan kampung yang kental dengan warna klub sepak bola Arema itu rampung dikerjakan.
Bahkan sebelum diresmikan pun, tampak sudah ada beberapa wusatawan yang sengaja singgah berkeliling di sana. Sebagian juga sengaja menyeberang dari kawasan Kampung Tematik dan berfoto dengan latar belakang pemukiman ber cat biru dari atas jembatan.
“Kampung Biru akan diresmikan enam Februari mendatang,” kata Walikota Malang, M. Anton pada wartawan.
Seiring tingginya popularitas yang didapat oleh kampung tematik yang dibuat, Pemerintah Kota Malang pun semakin optimis jika secara perlahan akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi. Lantaran, saat ini tak sedikit warga yang mulai berfikir kreatif dengan kehadiran wahana yang berada sebagian besar ada di kawasan kumuh tersebut.
Loading...