Komunitas Kartunis Gelar Pameran Kartun Anti Korupsi di Kota Malang
Sutiaji melihat karya kartunis di Gedung Balai Kota Malang (Rosita)

MALANGTODAY.NET – Pameran kartun anti korupsi, yang diikuti oleh para Kartunis dari Malang, Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Solo dan Bali digelar di Gedung Balai Kota Malang.selama tiga hari, 2-4 Oktober 2018.

Hasil karya dari 70 orang kartunis ini dipamerkan hingga memenuhi lantai satu dan dua Gedung Balai Kota Malang.

Baca Juga: Gempa Sulawesi Tengah, Indonesia Tolak Bantuan dari Donald Trump

Ketua pelaksana pameran kartun anti korupsi, Sawir Wirastho menjelaskan bahwa konsep acara ini sudah lama direncanakan. Namin, baru kali ini dapat terealisasikan karena mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya yakni kasus korupsi massal yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Malang.

Sawir juga mengatakan bahwa para kartunis sangat mendukung pemerintahan yang bersih, khususnya Kota Malang dengan pemerintahan yang baru.

Baca Juga: Larang Buku Putri Duyung, Alasannya Karena Nggak Pakai Jilbab!

“Kami mengawal dan menggunakan hak kami sebagai kontrol kekuasaan dengan memberikan sentilan-sentilan, dengan cara kartunal,” ucap Sawir saat ditemui di Gedung Balai Kota Malang, Selasa (2/10/2018).

Menurut Sawir, melalui kartun masyarakat dapat menyuarakan aspirasinya tanpa menyakiti hati, tapi justru mendapatkan senyuman dari orang yang dituju.

Baca Juga: Nggak Melulu Karena Alam, Gempa Bumi Bisa Karena Manusia, Ini Contohnya!

Tak Lupa, Sawir berterima kasih pada Pemkot Malang yang telah merangkul dan memberikan fasilitas atas terselenggaranya pameran kartun anti korupsi ini.

“Harapanya ini terus terlaksana sehingga fungsi kami terus bisa kami laksanakan secara berkala, artinya kami akan selalu mewacanakan kondisi realitas sosial dan politik yg ada di Kota Malang,” pungkasnya.


Reporter : Rosita Shahnaz
Editor : Swara Mardika

Loading...