Kolaborasi Mbois Tiga PHRI Untuk Pariwisata Daerah
Para pimpinam PHRI tiga daerah Malang Raya berpose bersama (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di tiga daerah, yakni Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang mengikrarkan diri berkolaborasi bersama membangun dunia pariwisata daerah.

Semangat kolaborasi ini ditunjukkan untuk melebur orientasi yang didasarkan pada wilayah daerah masing-masing.

Ketua PHRI Kota Batu Bambang Setia Dharma menuturkan, kolaborasi tiga PHRI yang dinamakan PHRI Malang Raya (Malaya) memiliki tujuan bersama, yakni mempromosikan tempat wisata di seluruh Malang Raya.

“Kami ingin ada sinergitas antara PHRI di tiga wilayah ini. Bersatu dalam hal mempromosikan wisata yang ada di daerahnya, jadi tidak lagi berjalan sendiri-sendiri,” kata Bambang kepada awak media di Eco Green Park, Selasa (31/10).

Tak hanya mempromosikan lokasi wisata, namun juga meningkatkan pelayanan wisata dan juga mempromosikan hotel dan restauran.

Ia menambahkan, dengan menyatunya ketiga Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ini, diharapkan wisatawan bisa merasa betah untuk berlama-lama di tiga daerah tersebut.

“Wisatawan umumnya habiskan liburan disini selama 2 hari saja. Sedangkan di daerah lain seperti Bali bisa sampai 4 hari. Nah kami ingin bisa kayak di Bali dengan memaksimalkan seluruh lokasi wisata di tiga daerah ini,” imbuh Owner Kampung Lumbung Butik Resort Batu itu.

Secara terpisah, Ketua PHRI Kabupaten Malang Suyitno Sujiharto menambahkan, dengan bergabungnya ketiga Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ini tidak akan lagi dijumpai kasus semacam perebutan antar investor.

“Dengan begitu, setiap investor bisa menilai lokasi wisata di setiap daerah. Tidak lagi sampai berebut investor. Mereka tahu kondisi peluang di masing-masing daerah,” kata Suyitno.

Suyitno menambahkan, investor yang berada di Kabupaten dan Kota Malang ada sekitar 70 persen. Oleh karena itu, prospek kepariwisataan di Kabupaten Malang sangat terbuka lebar.

“Hingga saat ini ada sekitar 120 lebih pantai di Kabupaten Malang. Itu saja masih belum terekspos semua. Dengan bergabungnya tiga PHRI ini bisa memaksimalkan seluruh lokasi wisata di Malang Raya,” tandasnya. (Azm/Ans)

Loading...