MALANGTODAY.NET – Di hari peringatan HUT TNI yang ke-71, Rabu (05/10) Komandan Resort Militer 083/BDJ Kolonel Infanteri Wachid Apriliyanto, kembali menegaskan bahwa TNI adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan rakyat. Prajurit TNI harus bahu membahu bersama rakyat dalam menjaga dan menanggulangi beberapa ancaman yang ada.

Disampaikan oleh Apriliyanto seusai upacara Peringatan HUT TNI ke-71 di Stadion Brantas Kota Batu, ia menuturkan bahwa ancaman serius bagi bangsa ini salah satunya adalah Narkoba. Dalam mengatasi ancaman itu sesuai amanat Panglima TNI Jendral Gatot Nurmayanto, TNI harus bahu-membahu bersama rakyat.

Sedangkan untuk menghadapi Pilakda Kota Batu, yang akan diselenggarakan pada 15 Februari 2017, Kol Inf. Apriliyanto menegaskan bahwa pihaknya akan bertindak sesuai Undang-Undang yang ada, yaitu membantu kepolisian dalam mewujudkan Pilkada yang aman dan kondusif.

“Untuk pengamanan Pilkada Kota Batu, kita akan siap membatu pihak kepolisian dengan menyiapkan personel. Sesuai dengan permintan kepolisian. Karena hal ini adalah amanat Undang-Undang,” ujarnya.

Meskipun begitu, sampai saat ini Kol Inf. Apriliyanto menyatakan belum mengetahui berapa jumlah pasukan yang akan diterjunkan dalam pengamanan Pilkada yang akan memilih tiga pasang calon ini. Ia hanya menuturkan akan menerjunkan sejumlah pasukan sesuai dengan kebutuhan nanti.

Apriliyanto menambahkan, deteksi dini terhadap semua indikasi yang ada harus jeli dibaca. Masyarakat juga diminta sigap dengan melakukan aksi, temu cepat, lapor cepat, dan deteksi dini. Tahun ini peringatan HUT TNI yang ke-71 mengambil tema “ Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, dan Professional. Siap mewujudkan Indonesia yang  Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian “.  (rif/ind)

Berikan tanggapan Anda