dok. M. Arief Anggota dewan saat melakukan sidak di dispendukcapil.

MALANGTODAY.NET – Polemik tentang molornya proses e-KTP dan simpang siur pemberitaan mengenai adanya calo dan pungutan liar, DPRD Kabupaten Malang melakukan inspeksi mendadak ke kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang, pada Kamis. (13/10).

Sidak yang dilakukan oleh tiga orang anggota Dewan tersebut, berkaitan dengan adanya laporan dan keluhan masyarakat tentang kekosongan blanko e-KTP dan lambannya pelayanan yang ada di Dispendukcapil.

Kusmantoro Widodo,  Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Malang Widodo mengatakan sebelumnya pihaknya menerima masukan masyarakat pemohon terkait kekosongan blanko e-KTP. Jika hal ini terjadi maka selayaknya pihak Disdukcapil segera mencari solusi yang bisa diterima oleh masyarakat.

“Kami dari Komisi B juga menerima adanya masukan informasi dari masyarakat tentang masih maraknya praktik pungli untuk pembuatan e-KTP. Segera lakukan penelusuran terkait hal tersebut,” ujar Widodo kepada sejumlah media.

Praktik negatif seperti itu, menurutnya sangat merugikan masyarakat, oleh karena itu Ia meminta komitmen Dispendukcapil segera memproses dan menindak jika memang ada oknum yang bermain-main dalam kepentingan rakyat untuk memperoleh hak administrasinya.

Dalam inspeksinya, anggota DPRD hanya ditemui oleh Kabid Disdukcapil yang memberikan berbagai keterangan dan penjelasan sehubungan keluhan masyarakat. Intinya ia menyanggah tentang adanya pungutan liar di Dispendukcapil.

“Selanjutnya kita akan melakukan cross check dengan inspektorat terkait adanya dugaan praktik pungli yang dilakukan oleh oknum disdukcapil. Harapan kami dalam waktu dekat diperoleh keterangan dan info untuk dijadikan solusi agar pelayanan eKTP  kepada masyarakat bisa makin baik dan  lancer,” tandas polisi Partai Golkar menutup pembicaraan.

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda