MalangTODAY.net
MalangTODAY.net
MALANGTODAY.NET – Keris tidak selalu berkaitan dengan hal yang berbau klenik atau magic. Keris merupakan salah satu peninggalan luhur pusaka dari Nenek Moyang bangsa Jawa yang harus dijaga kelestariannya. Hal itu lah yang menjadi perhatian Muhammad Iqbal, Salah satu kolektor Keris yang berpartisipasi Pada Pameran Keris Gebyar Suro Agung (Mapak Suro) di Balaidesa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu. 


"Setiap pusaka disini mempunyai keunikan masing masing, keunikan bisa dinilai dari Pamor atau bentuk  Batikan," urainya, Kamis(29/9).

Gambar sisip 1

Unik, dikatakannya, bisa diartikan berbeda beda oleh setiap  orang. Unik menurut dia tentu akan berbeda dengan pendapat orang lain  karena unik menurut Iqbal, artinya berbeda sesuai kebutuhan rasa dan keinginan orang melihat pusaka. 

" Melalui pameran ini kami ingin mengenalkan kepada para generasi muda sbahwa pelestarian benda pusaka ini tidak selalu identic dengan hal magic.  yang pasti setiap pusaka mempunyai filosofi hidup yang tinggi Sebagaimana pengingat kita menjalani hidup," tukasnya . 

Berikan tanggapan Anda