MALANGTODAY.NET – Floice, tim paduan suara dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya berhasil menjuarai lomba Paduan Suara bertajuk 1st Lanna Choir Competition yang berlangsung di Chiang May, Thailand pada 19 sampai dengan 23 Oktober 2016.

Sebelumnya, Floice yang dikomandani Agustinus Wahyu Permadi selaku konduktor ini berhasil menjadi satu satunya wakil Indonesia yang masuk ke babak grand prix bersama tim dari Filipina, Malaysia, Srilanka dan Thailand.

Berdasarkan laporan tertulis yang diterima MALANGTODAY.NET, dibabak grand prix, Floice berhasil memukau dewan juri dan seluruh undangan yang hadir dengan lagu lagu daerah khas Indonesia.

Diawali dengan Janger, lagu Bali yang  diaransemen ulang Agustinus Bambang Jusana dan Avip Priatna dan ditutup dengan Yamko Rambe Yamko, lagu Papua yang juga diaransemen oleh Agustinus Bambang Jusana. Penampilan Floice berhasil menghipnotis  panggung Chiang May berkat koreografinya yang rancak nan dinamis.

Khoirul Umam (THP 2013) ketua LKM Seni FTP menyebutkan, keberhasilan tersebut merupakan prestasi yang sangat membanggakan sekaligus membahagiakan Indonesia. Sebab, ini adalah pertama kalinya Floice mengikuti lomba internasional dan langsung menjadi juara umum.

“Alhamdulillah perjuangan kita selama ini tidak sia sia,” katanya.

Sebab, lanjutnya, meski mendapat sumbangan dari pihak kampus Floice juga harus mencari tambahan dana secara swadaya dengan berjualan kue dan mengadakan konser untuk menggalang dana. Selain itu pihaknya juga harus latihan disela sela tugas kuliah dan praktikum yang sangat padat.

“Alhamdulillah semua itu terbayar lunas. Total kami membawakan sembilan lagu pada kompetisi ini,” tambah Khoirul.

Secara rinci ia menyebut lagu yang dibawakan, yaitu Bungong Jeumpa, Kalejs Kala Debesis, Hodie Natus Est , Cantate Domino, Tardingdangdo, Marencong Rencong, Luk Luk Lumbu, Janger dan Yamko Rambe Yamko.

1st Lanna Choir Competition merupakan lomba paduan suara tingkat dunia yang diikuti oleh Kroasia, Filipina, China, Malaysia, Thailand, Srilanka dan Indonesia. Terdapat beberapa kategori yang dilombakan yaitu Kategori A dengan level kesulitan I, Kategori B dengan level kesulitan II, Kategori G untuk paduan suara anak anak dan remaja,  Kategori F untuk folklore serta Kategori GS untuk  paduan suara Gereja atau religi. Sebagai juara umum Floice berhak membawa pulang piala dan uang tunai senilai 1,500 euro. (ind).

Berikan tanggapan Anda