MALANGTODAY.NET – Tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, Indonesia juga dikagumi melalui kekayaan budayanya. Keberagaman yang begitu indah itu, kali ini mulai menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Indonesia. Terutama keagungam heritage yang kini mulai dikemas menjadi ajang wisata yang lebih menarik.

Kepala Disbudpar Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengatakan, potensi wisata heritage sangat besar dan perlu untuk dikembangkan kembali, terutama untuk wilayah Kabupaten Malang sendiri. Karena sejauh ini, wisata heritage memang belum banyak dipublikasikan kepada wisatawan.

“Targetnya di tahun 2017 sudah dapat menjadi paket wisata yang di bundling dengan wisata alam milik Kabupaten Malang,” katanya.

Menurut Arya, salah satu langkah yang akan digalakkan untuk mensukseskan program tersebut adalah dengan menggandeng dinas pendidikan. Harapannya, akan ada penambahan kurikulum bagi sekolah yang berkaitan dengan wisata budaya atau wisata heritage.

“Jadi anak-anak nantinya juga bisa bercerita kepada wisatawan. Nggak sekedar mengunjungi saja, dan bisa mengenal lebih dalam lagi,” terang pria ramah ini.

Menurutnya, kesiapan dinas pariwisata untuk mengembangkan potensi wisata ini sudah matang. Sehingga, desember tahun ini ditargetkan paket wisata budaya akan dimaksimalkan dengan menggandeng wisata alam, sebagai permulaan dari keseriusan pengembangan potensi wisata budaya.

“Misalnya yang mau jalan-jalan ke Bromo kan bisa mampir dulu ke Candi Jajaghu ini, jadi sudah jadi satu paket,” urainya.

Selain itu, kerjasama dengan berbagai pihak pun akan terus diupayakan. Mengingat, perkembangan pariwisata bukan hanya menjadi tanggungjawab dinas pariwisata dan kebudayaan saja. Tetapi harus berainergi dengan banyak lapisan. (pit).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda