Kenang Sejarah, Segera Terwujud Museum Brimob di Malang
Foto: Kaden B Brimob Polda Jatim, AKBP Sunadi @MalangToday.net/Yoga

MALANGTODAY.NET – Kepala Detasemen B Brimob Polda Jawa Timur, AKBP Sunadi, segera merealisasikan berdirinya Museum di Markas Komando Sat Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jatim, Pakis, Kabupaten Malang.

Pendirian museum itu dimaksudkan agar masyarakat terutama anggota bisa mengetahui sejarah Brimob. Brimob sendiri adalah unit (Korps) tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang menarik diketahui sejarahnya.

“Jadi kita akan membuat semacam Museum mini di sini (Kantor Brimob). Nanti tamu-tamu yang datang bisa mengetahui sejarah satuan Brimob dari masa ke masa. Ya semacam wisata edukasi,” kata AKBP Sunadi.

Menurutnya, pendirian museum itu tidak terlepas dari kontribusi para purnawiran yang telah memberikan benda-benda bersejarahnya. Mulai dari peralatan komunikasi, perlengkapan upacara, senjata dan lain sebagainya.

“Pada 2015 lalu kita mengundang para purnawiran, ada sekitar 150-an yang hadir. Kita sampaikan rencana ini dan mereka siap membantu menyumbang barangnya pembuatan museum ini. Kalau ada wujudnya kan kita tidak hanya bicara saja, tapi orang yang datang juga bisa melihat,” ungkapnya kepada MalangTODAY.net.

Saat ini, prosesnya pengerjaannya sedang dalam tahap pemesanan alat-alat penunjang lainnya seperti etalase dan mannequin. Benda-benda bersejarah itu nantinya ditata rapi dibagi sesuai kategorinya.

“Barang-barang bersejarah itu sudah ada. Kita masih pesan tempatnya. Seperti seragam atau helm akan kita pasang di mannaquin biar kelihatan menarik. Targetnya tahun 2017 ini sudah selesai,” sambungnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here