Disdik Kota Malang Klaim Kenakalan Pelajar di Malang Menurun
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah

MALANGTODAY.NET – Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah menegaskan, jumlah pelajar bolos atau kenakalan pelajar sepanjang 2016 turun 65 persen dibanding tahun sebelumnya. Sehingga, dia optimis, angka ini dapat kembali ditekan di 2017. Salah satunya dengan terus melakukan pemantauan kepada banyak sekolah.

Perempuan berhijab ini menyebutkan, kenakalan pelajar ini memang sesuatu yang wajar bagi setiap kota. Karena merupakan salah satu proses dari pertumbuhan anak. Namun dia yakin, jenis kenakalan masih terbatas pada membolos, dan bukan pada kegiatan kriminal.

“Untuk anak SMP, saya yakin mereka masih bisa dikendalikan dan diarahkan. Kalaupun tidak bisa, itu hanya satu dua saja,” katanya pada Media beberapa menit lalu.

Sejauh ini, menurutnya tindakan tegas selalu dilakukan. Salah satunya dengan memanggil pihak sekolah ketika terdapat laporan. Selanjutnya, dinas pendidikan turut melakukan pengawasan dan penyelesaian langsung oleh pihak sekolah sendiri.

“Kalau sanksi, kita lihat dulu sejauh apa kenakalan mereka, dan itu disesuaikan dengan kebijakan sekolah juga,” papar perempuan berhijab ini.

Menurutnya, peran guru BP sangatlah penting dalam menurunkan angka kenakalan tersebut. Sehingga, setiap sekolah harus menerapkan sebuah peraturan dan menciptakan kondisi yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi setiap siswa.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here