Waspada Aspal Licin Saat Hujan, Berkendara Jangan Buru-buru
Pengendara sepeda motor nampak melintas di Jalan Raya Panji Kecamatan Kepanjen saat turun hujan (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Memasuki musim hujan seperti saat ini membuat angka kecelakaan lalu lintas jadi sedikit meningkat. Ada beberapa faktor penyebab angka kecelakaan pada musim hujan turut meningkat.

Kanit Laka Lantas Polres Malang, Ipda Agus Yulianto menuturkan, tibanya musim hujan juga banyak menyebabkan kerusakan muncul di jalan raya. Selain itu, ketika turun atau pasca hujan, biasanya aspal menjadi licin dan bisa membuat kendaraan sulit dikendalikan.

Baca Juga  Musim Hujan Tiba, Waspadai Risiko Penyakit ISPA

“Selain jalan yang rusak, aspal yang licin juga mengakibatkan kecelakaan,” kata Agus, Minggu (16/12/2018).

Agus menambahkan, kecelakaan yang terjadi selama musim hujan masih didominasi kendaraan roda dua. Tidak jarang, kecelakaan tersebut berujung maut bagi pengendara.

“Biasanya saat hujan turun, orang lebih memilih untuk terburu-buru, akibatnya karena tidak mengutamakan keselamatan, jalan berlobang dan aspal yang licin, mengakibatkan pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan, dan sebagian diantaranya berujung kematian,” tuturnya.

Berdasarkan data Unit Laka Lantas Polres Malang, selama bulan November saja, ada 55 peristiwa kecelakaan yang terjadi. Dari jumlah tersebut menyebabkan 67 korban mengalami luka sedang hingga berat.

Baca Juga  Sadar Peraturan Berkendara, Sayangi Nyawa dan Keluarga

“Selain kecelakaan yang mengakibatkan luka, dari catatan kami terdapat 21 jiwa meninggal dunia,” jelas Agus.

Jika dibandingkan bulan sebelumnya atau pada Oktober lalu, terdapat 19 korban jiwa dalam kecelakaan yang terjadi. Artinya, pada bulan November ada peningkatan angka kematian akibat kecelakaan.


Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.