Waspada Angin Kecang di Pesisir Selatan Jawa Timur
Pantai Nganteb di Kabupaten Malang merupakan salah satu pantai yang terletak di wilayah perairan di pesisir Selatan Jawa Timur@Dhimas Fikri/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Stasiun Meteorologi Maritim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak, Surabaya memprediksi angin kencang terjadi di kawasan pesisir Selatan Jawa Timur selama beberapa hari kedepan.

Pihak BMKG meminta agar para nelayan, masyarakat atau wisatawan yang beraktivitas di wilayah pesisir lebih waspada.

Baca Juga  Mulai Menginjak Musim Kemarau, Begini Imbauan BMKG

“Angin kencang ini juga disertai dengan hujan berintensitas sedang,” ujar Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Tanjungperak Surabaya, Afrizal R Fathoni, Kamis (29/11/2018).

Afrizal menambahkan, keberadaan awan cumulonimbus juga berpengaruh meningkatkan kecepatan angin dan tinggi gelombang. Meskipun demikian, berdasarkan dengan prakiraan BMKG, tinggi gelombang masih relatif normal.

“Antara 0,8 hingga 2 meter di Selatan Jawa Timur,” terangnya.

Di sisi lain, mengenai kecepatan angin, saat ini dominan dari arah Timur ke arah Selatan. Kecepatan angin di pesisir selatan Jawa Timur atau di Samudera Hindia Selatan mencapai 24 knot atau 44 kilometer per jam.

Baca Juga  Tagana: Belum Ada Korban Gempa 5 SR Gayo Lues

BMKG pun tetap mengimbau agar semua yang beraktivitas di wilayah pesisir Selatan agar selalu berhati-hati, terutama bagi nelayan.

“Harap selalu waspada dan mengutamakan keselamatan ketika beraktivitas,” pungkas Afrizal.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Endra Kurniawan

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.