Warga Diminta Waspada Puting Beliung
Ilustrasi musibah angin puting beliung © 2017 Vittalia

MALANGTODAY.NET – Setelah Desa Langlang Kecamatan Singosari, giliran Dusun Jatimulyo, Desa Jatiguwi Kecamatan Sumberpucung terkena bencana angin puting beliung.

Meski tidak sedahsyat bencana yang terjadi di Langlang, tiga rumah mengalami kerusakan berat di bagian atap.

Kapolsek Sumberpucung, AKP Sri Widyaningsih mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian Kamis (16/03) malam itu. Namun diminta terus waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana serupa.

“Tidak ada korban jiwa, tapi warga wajib waspada dengan kerapnya angin puting beliung ini,” ujar Widya, Jumat (17/03).

Ia menambahkan selain tiga rumah yang mengalami kerusakan, ada juga satu kandang ternak yang rusak, ditambah satu pohon tumbang.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kab. Malang, Joni Samsul Hadi menjelaskan bahwa bulan Maret sampai April masih diprediksi terjadi hujan dan angin yang bisa jadi memicu puting beliung.

“Bencana angin puting beliung itu tidak bisa diprediksi dan dipetakan wilayah rawan bencananya, kalau banjir atau tanah longsor bisa kita petakan, maka dari itu masyarakat diharapkan terus waspada,” ujar Joni.

Bencana puting beliung sendiri telah terjadi sebanyak 11 kali di berbagai wilayah Kabupaten Malang dalam rentang bulan Januari hingga Maret 2017. (ags)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here