Warga di Wonosari Niat Bakar Daduk, Dua Motor Ikut Hangus
Kebakaran lahan tebu Dusun Bumirejo, Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari @istimewa

MALANGTODAY.NET – Pembakaran sisa daun tebu bekas ditebang atau biasa disebut daduk menyebabkan dua unit sepeda motor ikut hangus dilalap api. Peristiwa itu terjadi di Dusun Bumirejo, Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Senin (10/9).

Kejadian itu bermula saat Marsudi (53) yang merupakan warga desa setempat membakar daduk di ladang miliknya. Marsudi membakar daduk sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Pantai Modangan Siap Sambut Kejuaraan Paralayang Internasional

Kemudian, sekitar pukul 10.00 WIB, karena pembakaran telah selesai dilakukan, Marsudi pulang tanpa mengecek kembali apa api benar-benar sudah padam. Belum lama Marsudi pergi, benar saja ada bara api yang masih menyala dan merembet ke ladang lain.

“Ternyata api belum padam, karena cuaca panas dan rumput disekitarnya kering, sehingga api membakar rumput dan dua sepeda motor yang diparkir dijalan, serta membakar daun tebu di ladang sebelahnya,” kata Kapolsek Wonosari, AKP P Triwik Winarni.

Dua unit motor yang terbakar tersebut milik Purwanto (35) dan Edo Prasetyo (23), keduanya merupakan warga Wonosari. Melihat motornya dan ladang tebu terbakar, keduanya kemudian melapor ke Polsek Wonosari.

“Terlapor (Marsudi) karena kelalaiannya tidak memeriksa apakah daun tebu (daduk) yang dibakar sudah padam atau belum, sudah ditinggal pulang, akhirnya membakar dua unit sepeda motor milik orang yang sedang cari rumput,” sambungnya.

Baca Juga: Ssstt…. 6 Hal yang Biasa Kita Lakukan Ini Sebenarnya Ilegal, lho!

Langkah yang diambil Polsek Wonosari selanjutnya diadakan mediasi antara Marsudi dan kedua korban dengan pertimbangan kejadian tersebut tidak disengaja, dan kedua belah pihak masih satu desa.

“Kejadian tersebut diselesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan, dengan kesanggupan terlapor untuk menganti dua unit sepeda motor yang terbakar sebesar Rp 15 juta,” pungkasnya.


Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Raka Iskandar

Loading...