Ini Kata Wakil Bupati Malang Soal Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan
Suasana seminar yang digagas Balitbang Kabupaten Malang di Savana Hotel & Convention (Rosita)

MALANGTODAY.NET – Wakil Bupati Malang, Sanusi menekankan terkait pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan termasuk dalam memberikan pelayanan masyarakat. Hal tersebut ia sampaikan dalam acara seminar yang digagas oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Malang, di Savana Hotel & Convention, Senin (19/11/2018).

“Pemerintah dapat dikatakan maju apabila mampu melakukan inovasi-inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan memberi pelayanan kepada masyarakat, sekaligus juga dalam pengelolaan SDM aparatur. Kebijakan-kebijakan yang dihasilkan harus mampu meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah dan percepatan otonomi daerah,” ujarnya.

Baca Juga: Hasil Sidak Tes Urine, Prajurit Divif 2 Kostrad Positif Bersih Narkoba

Sanusi juga mengatakan bahwa penguatan inovasi tersebut merupakan salah satu faktor terpenting dalam membangun perekonomian masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah. Peran penelitian dan pengembangan pada institusi pemerintah, sudah sepatutnya didorong menjadi bagian penting dalam mewarnai proses perumusan kebijakan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sanusi menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang selama ini sudah melakukan berbagai inovasi – inovasi di segala bidang, terutama yang berkaitan dengan 3 prioritas strategi pembangunan.

“Banyak inovasi – inovasi yang sudah dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya telah mendapatkan penghargaan. Salah satu contoh adalah Desa Ngroto, Kecamatan Pujon menjadi desa terbaik atau nomor satu di seluruh Indonesia. Desa tersebut masuk dalam 100 desa terbaik menurut indeks desa membangun (IDM) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” tuturnya.

Baca Juga: 5 Penyanyi Dangdut Dengan Bayaran Manggung Termahal, Apakah Via Vallen? Ternyata Bukan!

Dalam kesempatan tersebut, Sanusi berharap agar dengan dilaksanakannya seminar tersebut ASN Pemkab Malang dapat meningkatkan pemahaman akan pentingnya penelitian dan pengembangan dalam suatu perencanaan pembangunan.

“Saya sebagai Wakil Bupati memberi keleluasan kepada pimpinan OPD untuk terus berinovasi,” pungkasnya.


Reporter : Rosita Shahnaz
Editor : Kistin S

Loading...