Tumpukan sampah di area Pasar Lawang, Kec Lawang, Kab Malang, yang dikeluhkan pedagang pasar setempat (Istimewa)
MALANGTODAY.NET– Para pedagang yang ada di Pasar Lawang tepatnya yang berada di wilayah Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, diresahkan dengan adanya tumpukan sampah yang berbau tak sedap dikarenakan telah berhari-hari tak diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).
Menurut, salah satu pedagang Pasar Lawang yang tak ingin disebutkan namanya, ia mengungkapkan bila tumpukan sampah tersebut sudah sekitar seminggu lamanya menumpuk dan tak diangkut oleh petugas. Menurutnya selama ini para pedagang telah protes dan menanyakan sebab tak diangkutnya tumpukan sampah tersebut namun belum juga mendapat respon.
“Kami sering melakukan protes kepada Kepala Pasar Lawang, tapi tidak dihiraukan. Sehingga pedagang pasar meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar mengganti Kepala Pasar Lawang,” tegasnya.
Mirisnya lagi, dibelakang tempat tumpukan sampah itu adalah musala yang setiap harinya digunakan para pedagang maupun pengunjung pasar untuk salat. Sehingga bau dari tumpukan sampah tersebut selalu mengganggu para pedagang atau pengunjung pasar yang menunaikan salat di musala tersebut.
“Kami minta kepala pasar Lawang supaya diganti atau di copot,” tandasnya.
Salah seorang pengunjung Pasar Lawang bernama Endang, juga mengeluhkan adanya bau tak sedap dari tumpukan sampah tersebut. “Iya mas, baunya itu lo sampek masuk musala. Udah beberapa hari saya liat belum diangkut, itu malah semakin numpuk banyak,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagsar) Kabupaten Malang, Pantjaningsih Sri Redjeki mengatakan, jika pihaknya baru empat bulan melakukan penggantian kepala pasar lawang. Akan tetapi, untuk permasalahan sampah ini, pihaknya masih menunggu anggaran untuk melakukan pengadaan gerobak sampah.
“Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, untuk menempatkan kountener sampah di area pasar sampah,” pungkasnya.
Para pedagang di Pasar Lawang berharap, supaya pemerintah segera menindaklanjuti permasalahan tersebut mengingat Pasar Lawang selalu aktif beroperasi dan merupakan sarana utama perekonomian, khususnya bagi warga Lawang. (Faj/end)
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.