Gerbang Tol Lawang dengan latar belakang Gunung Arjuna IG@amin_hatori
Gerbang Tol Lawang dengan latar belakang Gunung Arjuna IG@amin_hatori

MALANGTODAY.NET – Tol Pandaan-Malang seksi I-III, Pandaan Singosari akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Senin (13/5/2019) besok. Sementara itu, untuk seksi IV, Singosari-Pakis dan V, Pakis-Kota Malang masih dalam tahap kontruksi.

“Peresmiannya di gerbang Singosari oleh Presiden,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Agus Purnomo dilansir dari Kompas.com (11/5/2019).

Sebelumnya, tol ini sudah dua kali menjalani uji laik fungsi dan ada final check. Kini, dengan penambahan rambu-rambu rawan kabut, tol sudah siap untuk digunakan.

Berdasarkan informasi, dua minggu pertama sejak diresmikan menjadi waktu sosialisasi. Selama waktu ini, pengendara tidak dipungut biaya untuk melintasinya.

“Setelah dioperasikan ada masa sosialisasi. Ya, biasanya seminggu atau dua minggu,” ungkap Agus.

Selain itu, Tol Mapan juga sempat beroperasi fungsional pada akhir tahun 2018 silam. Berdasarkan data dari Satlantas Polres Malang, sejak dibuka Jumat (21/12/2018) pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, Tol Mapan telah dilewati sebanyak 3.499 kendaraan. Jika diasumsikan, hingga penutupan operasional tol pada pukul 17.00 WIB, kendaraan yang melintas diperkirakan mencapai angka 4 ribu.

Pantauan jumlah kendaraan yang melintas itu tercatat oleh Satlantas Polres Malang di exit Tol Mapan, Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang. Seperti diketahui, hari pertama dibuka, Tol Mapan beroperasi fungsional dengan sistem satu jalur dari arah Surabaya.

Disisi lain, tol ini digadang-gadang akan menjadi tol terindah di Jawa. Keindahan dari tol ini bisa dilihat dari kenampakan gunung-gunung yang mengitarinya.

Gunung-gunung tersebut yaitu Gunung Arjuno-Welirang dan Gunung Penanggungan. Lebih indahnya lagi, gunung ini berdiri begitu gagah menyambut para pengguna tol yang baru memasuki pintu tol!(AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.