TNBTS dan PVMBG: Kondisi Gunung Api Bromo Masih Kondusif
Kondisi Gunung Api Bromo Saat ini (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Gunung Api Bromo dikabarkan mengalami erupsi pada Selasa (19/02/2019) pukul 06.00 WIB. Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dilaporkan kolom abu bergerak ke arah barat daya.

Sementara itu, Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) John Kenedie meluruskan informasi erupsi yang telah menyebar ini. Lewat siaran pers dikatakan bahwa kondisi Gunung Bromo berdasarkan pemantauan di lapangan saat ini dalam situasi dan kondisi kondusif.

“Berdasarkan pengamatan di lapangan situasi dan kondisinya tidak membahayakan seperti hari-hari biasanya,” ungkap John melalusi siaran pers siang ini.

Lebih jauh John menjelaskan, berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pos pengamatan Gunung Api Bromo di Ngadisari bahwa tingkat aktivitas Gunung Api Bromo masih level II (waspada)

“Hingga 18 Februari 2019, PVMBG, Pos pengamatan gunung api Bromo di Ngadisari kecamatan Sukapura mengatakan masih level waspada,” tegasnya.

John menambahkan, cuaca yang dilaporkan disekitar Gunung Api Bromo yaitu cerah, berawan, mendung dan hujan disertai tiupan angin lemah ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya dan barat.

“Suhu rata-rata 12-20 derajat celcius. Sedangkan kelempatan udara 0-0 % dan tekanan udara 0-0 mm Hg.

Secara visual, lapor John terlihat jelas hingga kabut. Asap awan bertekanan lemah hingga sedang teramati putih dan coklat dengab intesitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 50-700 m di atas puncak kawah.

“Dari data dan kondisi tersebut beberapa potensi kesiapan yang perlu ditingkatkan itu menyangkut kewaspadaan,” tuturnya.

Untuk itu masyarakat tetap waspada dengan mematuhi arahan dan instruksi pengelola TNBTS dan PVMBG. (ARB/KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.