Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Kabupaten Malang Baru 25 Kg Perkapita Per Tahun
Suasana pasar ikan di Gondanglegi yang selalu ramai didatangi masyarakat @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Dinas Perikanan Kabupaten Malang mencatat hingga menjelang akhir tahun ini tingkat konsumsi ikan di masyarakat baru mencapai sekitar 25 kilogram (kg) per kapita per tahun.

“Kita masih kurang dibanding Nasional, tapi dari target Kabupaten sendiri, insyaallah kita sudah tercapai sekitar 4,6 persen. Kita sekitar 25 (kg) per kapita per tahun supaya tidak terlalu jauh dari Provinsi,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati, Rabu (14/11/2018).

Baca Juga: Pohon Raksasa Tumbang di Jalan, Jalur Malang – Lumajang Lumpuh Total

Mantan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan itu menambahkan, upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat sudah dilakukan pihaknya. Salah satunya melalui Gerakan Makan Ikan (Gemarikan).

“Makanya itu kita galakkan kembali untuk kegiatan gerakan makan ikan. Makanya seperti melalui kegiatan Bina Desa dan lain-lain untuk meningkatkan konsumsi, kita gerakan semua supaya tingkat konsumsi ikan dengan Jawa Timur tidak terlalu jauh,” imbuhnya.

Baca Juga: Hasilkan Pundi Rupiah, Begini Cara Bank Sampah di Kabupaten Malang

Tidak hanya itu, upaya-upaya lain yang dilakukan Dinas Perikanan untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat yaitu dengan menggandeng instansi-instansi lain.

“Upaya pemberdayaan kita melalui rumah tangga. Kita juga sudah bekerjasama dengan PKK, dan sekarang akan kita galakkan dengan KB,” ungkap Atik.

Wanita yang akrab disapa Atik itu tidak menampik bila tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Malang masih kalah dengan daerah lain di pesisir Utara Jatim. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Baca Juga: Pemutihan Pajak Kurang Satu Bulan, Antusias Warga Luar Biasa

“Kalau Kabupaten Malang masih di posisi tengah ya. Seperti di Pantura, Pantura lebih tinggi itu karena untuk mendapat ikan segar itu lebih mudah, kalau Malang daerah laut kan relatif jauh ya. Sehingga kita perlu upaya lebih tinggi lagi untuk meningkatkan konsumsi ikan, terutama ikan laut. Kalau ikan air tawar sih sudah lumayan,” terangnya.

Kementerian Perikanan dan Kelautan bakal menargetkan konsumsi ikan masyarakat pada tahun 2019 mendatang sebesar 50 kg per kapita per tahun.

Baca Juga  Duh, Kades Klepu Diduga Selewengkan Dana Desa dengan Tanda Tangan Palsu

Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Raka Iskandar

Loading...