Tim Satgas Pangan Kabupaten Malang melakukan inspeksi mendadak di Pasar Lawang menjelang Natal dan Tahun Baru@Dhimas Fikri/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Tim Satgas Pangan Kabupaten Malang mendapati adanya boraks yang dijual sejumlah pedagang di Pasar Lawang saat dilakukan inspeksi mendadak (Sidak). Menurut Tim Satgas Pangan, tidak menutup kemungkinan peredaran boraks juga ada di pasar yang lain.

“Kemungkinan masih ada. Makanya Satgas Pangan ini akan terus melakukan operasi. Disamping untuk melihat kelonjakan harga sembako, kita juga memantau barang-barang berbahaya yang dijual, tetap kita lakukan operasi,” ujar Wakasat Tindak Tim Satgas Pangan Kabupaten Malang, Ipda Rudi Kuswoyo, Senin (10/12/2018).

Pria yang juga menjabat KBO Satreskrim Polres Malang itu menyampaikan, sosialisasi agar pedagang tidak menerima barang-barang berbahaya, seperti boraks, sebetulnya sudah seringkali dilakukan Tim Satgas Pangan. Namun, pada kenyataannya, produsen produk-produk berbahaya itu masih disuplai ke para pedagang.

“Dari tim Satgas Pangan sendiri, disamping kita melakukan operasi, kita sudah melakukan sosialisasi barang berbahaya itu ini. Tapi ya mereka saja yang mau menerima, dari produsen,” ucapnya.

Rudi menambahkan, melihat masih maraknya peredaran boraks yang dijual untuk membuat makanan, maka pihaknya akan melakukan tindakan kepada produsen yang masih nekat menjual boraks pada para pedagang di pasar.

“Berdasarkan informasi yang pedagang itu dari Surabaya. Jadi nanti kita coba pancing, untuk produsennya ke kita, dia datang ke Lawang, kemudian kita lakukan penindakan,” terangnya.

Sementara itu, untuk temuan boraks yang ada di Pasar Lawang, petugas dari tim Satgas Pangan akan menyita semua produk berbahaya tersebut. Hal itu untuk mengantisipasi agar boraks tidak dijual kembali.

“Karena itu barang berbahaya, pasti akan kita lakukan penyitaan semuanya. Nanti kalau kita sisihkan takutnya dijual ulang,” tandas Rudi.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor     : Endra Kurniawan

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.