TGS Dipasung di Kandang Akibat Keluarga Tak Punya Biaya Berobat
TGS dikandang Tempat dipasung @MalangTODAY/Dhimas

MALANGTODAY.NET – TGS (44) dipasung bertahun-tahun di sebuah kandang belakang rumahnya. Keluarga tidak mempunya biaya untuk mengobatkan sakit gangguan jiwanya.

TGS warga Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Selasa (14/03) akhirnya dibebaskan dari tempat pemasungan. Tim dari Dinas Sosial Jawa Timur bersama Tim Pendamping Pasung Kabupaten Malang memimpin proses pembebasan.

Ibu TGS, Rukiyati (66) mengatakan anak pertama dari tiga bersaudara ini telah menderita gangguan jiwa sejak usia 22 tahun. Ia mengalami sakit ketika pulang dari pulang kerja serabutan.

“Mulai umur 22 tahun, sakitnya sejak pulang dari kerja serabutan di beberapa tempat,” ujar Rukiyati di rumahnua, Selasa (14/03).

Rukiyati menambahkan pihaknya terpaksa memasung pria berusia 44 tahun tersebut karena tidak punya biaya untuk membawa anaknya berobat.

“Karena nggak punya uang jadi nggak bisa dibawa berobat,” tambahnya.

TGS menempati sebuah kandang kecil di belakang rumahnya. Ia dipasung sudah sekitar 7 bulan. Kandang tersebut dibuat secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

“Belum 1 tahun dikerangkeng, dia sering berbuat onar di kampung makanya dibuatkan kandang itu. Saya juga sering diserang ketika kumat,” papar Rukiyati.

Rukiyati mengaku pasrah jika anaknya dibawa oleh petuga, karena sudah tidak ada cara lain untuk berobat. Lebih lanjut, nantinya anaknya akan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang untuk mendapat pengobatan. (ags)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here