Terus Dipacu, Satu Desa Harus Miliki Destinasi Wisata Andalan
Kegiatan Gema Desa di Kecamatan Turen (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Seluruh desa/kelurahan terus dipacu oleh Pemerintah Kabupaten Malang agar bisa memunculkan destinasi wisata yang dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi menegaskan, setidaknya setiap desa harus mempunyai satu destinasi wisata andalan. Hal itu disampaikan Sanusi saat membuka kegiatan Sosialisasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Malang di ruang pertemuan Pondok Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, belum lama ini.

“Sikap dan sifat, lebih peduli dan sadar wisata di daerahnya masing-masing harus lebih ditumbuhkan. Angkat potensi wisata yang ada. Jika belum ada, ciptakan inovasi dan kreativitas hingga melahirkan tempat wisata agar semua desa mampu menuju pariwisata berbasis desa,” terangnya.

Sebelum melangkah terlalu jauh untuk memunculkan potensi wisata, kata Sanusi, harus diketahui oleh setiap desa bahwa mereka harus berpegang pada Sapta Pesona. Sapta Pesona itu meliputi, Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan.

Lebih jauh, Sanusi memberikan contoh terkait desa yang sukses menggali potensi dan mengembangkan wisata desanya. Seperti di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon dan Gubuklakah di Poncokusumo.

Sanusi mengatakan, dua desa itu awalnya bukan apa-apa. Namun, dengan kerja keras seluruh stakeholder, kini dua wilayah itu menjelma menjadi jujugan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Desa Pujon Kidul misalnya, inovasi dan kreativitasnya luar biasa. Dari sebuah lahan persawahan milik desa seluas 3 hektar, kini telah menghasilkan pendapatan sebesar Rp 10 miliar per tahun dari hasil mengolah Cafe Sawah yang menjual keindahan alam, pelayanan dan produk kuliner serta lainnya. Demikian juga Desa Gubuklakah yang letaknya sebagai pintu masuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru,” ujarnya.

Tidak menutup kemungkinan, Sanusi melanjutkan, desa-desa yang lain untuk mengikuti jejak Pujon Kidul dan Gubuklakah. Seperti di Kecamatan Turen, ada Ponpes Bihaaru atau yang lebih dikenal dengan Masjid Tiban-nya di Desa Sananrejo, juga ada Ekowisata Boonpring Andeman di Sanankerto.

“Potensinya masih bisa terus dikembangkan. Keberadaan keduanya juga bisa memberi dampak perekonomian masyarakat di sekitarnya,” pungkasnya.


Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.