Tanggulangi Pengangguran, Begini Upaya Disnaker Kabupaten Malang
Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Malang, Achmad Djunaedi @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang menjadi salah satu instansi yang berada pada garda depan untuk mengatasi persoalan pengangguran kerja.

Salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran tersebut dilakukan Disnaker melalui kegiatan padat karya, khususnya di pedesaan. Disnaker mengklaim, melalui kegiatan padat karya itu juga dapat menambah akses ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Mengintip Kondisi Taman Kehati di Kepanjen, Sepi dan Tak Terawat

Dikatakan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Malang, Achmad Djunaedi, bahwa tujuan utama kegiatan padat karya tersebut adalah agar warga kurang mampu yang ada di desa tidak kehilangan penghasilan.

Seperti kegiatan padat karya yang dilaksanakan di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, beberapa waktu lalu. Ada 88 warga yang dilibatkan dalam pembangunan akses jalan desa setempat.

“Padat karya merupakan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Tujuan utama program ini adalah untuk membuka lapangan kerja bagi keluarga kurang mampu yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap,” kata Djunaedi, Sabtu (1/12/2018).

Djunaedi menambahkan, melalui kegiatan padat karya seperti di Desa Kedungrejo, warga akan yang awalnya menganggur akan mendapat upah. Upah yang diberikan variatif sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

“Kami bayar upah untuk kelas tukang sebesar Rp 75 ribu per hari, adapun upah untuk tenaga pembantu sebesar Rp 65 ribu per hari,” terangnya.

Baca Juga: Trial Game Asphalt Kanjuruhan, Rider Dunia Waspada Talenta Lokal

Lebih lanjut, Djunaedi menilai, dengan memberdayakan masyarakat ikut serta dalam pembangunan di Kabupaten Malang, ada multiple effect yang didapat. Satu, pembangunan menjadi lebih cepat dan yang kedua angka pengangguran juga berkurang.

“Tujuannya juga agar dapat mengatasi kesenjangan pembangunan di Kabupaten Malang, dan pasti dengan diselesaikannya pembangunan tersebut, diharapkan masyarakat bisa terjangkau akses ekonomi,” pungkasnya.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.