Ilustrasi pekerja disabilitas @VOAIndonesia
Ilustrasi pekerja disabilitas @VOAIndonesia

MALANGTODAY.NET – Tahun ini salah satu fokus Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang adalah untuk menyejahterakan penyandang disabilitas. Mereka akan memperjuangkan hak-hak disabilitas untuk mendapat pekerjaan yang layak.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Malang, Mochamad Yekti Pracoyo menyampaikan, ada sekitar 20 perusahaan di wilayahnya yang digandeng untuk memperkejakan penyandang disabilitas.

“Salah satu konsentrasi kami adalah peningkatan kesejahteraan bagi para penyandang difabel,” ujar Yekti, Selasa (23/4/2019).

Dia menambahkan, Disnaker menggandeng instansi lain untuk menjalankan program peningkatan kemampuan terhadap para penyandang disabilitas. Program itu akan menjadi bekal, sebelum penyandang disabilitas terjun ke dunia kerja.

“Disnaker bukan mengambil alih program untuk difabel, karena sudah ada organisasi perangkat daerah yang bertanggung jawab untuk itu. Sifat Disnaker adalah kolaboratif,” jelasnya.

Lebih jauh, pihak Disnaker sendiri tidak hanya gembar-gembor mengimbau perusahaan memberi kesempatan kerja penyandang disabilitas. Mereka telah memberdayakan penyandang disabilitas untuk berkerja di kantornya yang berada di blok office Jalan Trunojoyo, Kepanjen.

Seorang tuna rungu bernama Darmaji kini telah bekerja dengan status tenaga kontrak di kantor Disnaker. Dia ditempatkan sebagai bagian pramu kebersihan. (Dhi/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.