Ini Tahapan Penyerahan Berkas Parpol Pemilu 2019 ke KPU
Logo KPU Republik Indonesia. (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan sebelum berkas verifikasi partai politik (parpol) dinyatakan lolos dan berhak maju pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko mengatakan bahwa tahapan penyerahan berkas verifikasi Pemilu 2019 telah di mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober mendatang. Hingga saat ini sudah ada empat parpol yang telah mendaftarkan diri maju Pemilu 2019.

“Jika salinan keanggotaan partai politik yang diserahkan ke KPU Kabupaten Malang masih belum sama dengan data SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik), akan dikembalikan untuk diperbaiki dan diserahkan kembali sampai batas waktu penyerahan salinan,” ujar Santoko kepada MalangTODAY, Jumat (13/10).

Berikut ini tahapan kerja KPU Kabupaten Malang pada masa pendaftaran partai politik,

1. Menerima salinan KTA Anggota Partai Politik dan salinan KTP Elektronik atau Surat Keterangan (SUKET), yang disampaikan oleh pengurus parpol tingkat Kabupaten / Kota atau sebutan lain melalui Petugas Penghubung (LO).

2.  Menerima daftar nama dan alamat anggota parpol yang disampaikan oleh pengurus parpol tingkat Kabupaten / Kota atau sebutan lain melalui Petugas Penghubung (LO) menggunakan formulir Lampiran 2 MODEL F2-PARPOL.

3. Meneliti kelengkapan dan kebenaran salinan KTA parpol dan salinan KTP Elektronik atau Surat Keterangan (SUKET), dan daftar nama dan alamat anggota Partai Politik dengan daftar dan alamat yang terdapat dalam SIPOL.

4. Memberikan tanda terima penyerahan dokumen menggunakan formulir Model TT.KPU/KIP Kabupaten / Kota – Parpol kepada pengurus parpol melalui petugas penghubung partai politik (LO) calon peserta Pemilu tingkat Kabupaten / Kota atau sebutan lain.

5. Apabila terdapat kekurangan dokumen hardcopy yang telah diserahkan, KPU Kabupaten Malang mengembalikan dokumen pemenuhan persyaratan keanggotaan dan meminta parpol untuk melengkapi dan menyampaikan kembali sampai dengan batas waktu akhir waktu penyerahan salinan. (dim/ind)

Baca Juga Terkait #Pemilu 2019:

Baru Dua Parpol yang Mendaftarkan Diri Maju Pemilu 2019

Mantap Maju Pemilu 2019, NaSdem Kota Malang Daftar ke KPU

Pesan Jokowi agar Semua Pihak Memberikan Kesejukan Jelang Pemilu

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.