Staff KPU Kabupaten Malang sedang melakukan pendataan perlengkapan logistik Pemilu di gudang di Kecamatan Pakisaji (Dhimas)
Staff KPU Kabupaten Malang sedang melakukan pendataan perlengkapan logistik Pemilu di gudang di Kecamatan Pakisaji (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang telah menerima perlengkapan logistik Pemilu 2019. Namun, ada sejumlah item logistik yang masih belum sepenuhnya tiba.

Salah satu item tersebut adalah surat suara. Sejak pekan lalu, KPU telah menerima sebanyak 4.948.590 lembar surat suara. Surat suara tersebut untuk pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPD.

Baca Juga  Ini Cara Pemkot Malang Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko mengatakan, jumlah tersebut masih belum terpenuhi. Termasuk surat suara untuk Pilpres dan pemilihan DPRD Kabupaten Malang. Diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Kabupaten jumlahnya mencapai 1.996.857 pemilih.

“Kesediaan surat suara sejumlah itu, ditambah dua persen sebagai cadangan,” katanya, Selasa (12/2/2019).

Santoko menambahkan, diperkirakan ketersediaan logistik Pemilu itu bisa terpenuhi pada akhir Februari atau paling lambat awal Maret mendatang. Sebelum nanti didistribusikan ke masing-masing kecamatan, seluruh peralatan itu disimpan di gudang KPU di Kecamatan Pakisaji.

Pihak KPU, Bawaslu, dan kepolisian Kabupaten Malang juga melakukan pengawasan dan pengamanan ketat terhadap pendistribusian kelengkapan Pemilu 2019 tersebut. Selain itu, KPU juga mengecek kesempurnaan cetak dari surat suara yang datang.

Baca Juga  Prabowo dan SBY Bertemu, Tantangan dari “Dua Jenderal Legend”?

“Kelengkapan surat suara masih 40 persen. Kami masih menunggu dulu semua surat suara terkumpul. Baru kemudian dilakukan penyortiran untuk mengetahui kemungkinan adanya kerusakan,” terangnya.

Selain surat suara, perlengkapan logistik Pemilu yang sudah diterima KPU diantaranya kotak suara, alat pencoblosan, tinta, alat tulis kantor (ATK) dan sejumlah item lainnya. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.