Monitoring ketersediaan stok pupuk bersubsidi yang berada di gudang Pakisaji Kabupaten Malang (Dhimas)
Monitoring ketersediaan stok pupuk bersubsidi yang berada di gudang Pakisaji Kabupaten Malang (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Jumlah pupuk bersubsidi di Jawa Timur dipastikan aman hingga akhir tahun ini. Petani pun bisa bernafas lega dengan adanya kabar tersebut.

Berdasarkan data dari PT Pupuk Indonesia (Persero), per 4 Desember 2018, stok pupuk bersubsidi mencapai 363.501 ton. Jumlah tersebut tiga kali lipat dari ketentuan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga  Bareskrim Temukan Pupuk Bersubsidi di Pasaran Tak Sesuai Komposisi

Dari 363.501 ton stok pupuk bersubsidi itu terbagi dalam 128.419 ton Urea, 107.270 ton NPK, 23.479 ton SP36, 56.638 ton ZA dan 47.696 ton Organik. Pihak Pupuk Indonesia sendiri bakal terus memonitor ketersediaan stok dan penyaluran pupuk bersubsidi itu hingga ke petani.

“Jumlah itu dipastikan aman hingga bulan Desember ini berakhir,” ujar Kepala Corporate Communication PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana, Sabtu (8/12/2018).

Pihak Pupuk Indonesia sendiri menganjurkan pada petani supaya bergabung dalam kelompok tani agar akses untuk memperoleh pupuk subsidi bisa lebih mudah. Selain itu, upaya relokasi pupuk bersubsidi juga dilakukan Pupuk Indonesia.

Baca Juga  Pupuk Bersubsidi untuk Petani Kabupaten Malang Masih Tercukupi

Anjuran Pupuk Indonesia agar petani bergabung dalam kelompok tani sendiri bukan tanpa sebab. Pasalnya, pupuk bersubsidi hanya dapat diakses oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani dan memilki Rencana Definitif Kebutuan Kelompok (RDKK) seperti yang diatur oleh Kementerian Pertanian. RDKK berfungsi untuk menentukan alokasi pupuk subsidi yang didasarkan pada pengajuan.

“Dengan bergabung ke dalam kelompok tani, maka kebutuhan pupuk petani dapat terakomodir dalam RDKK. Sehingga tidak ada lagi cerita bahwa petani tidak dapat memperoleh pupuk subsidi,” terang Wijaya.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.