Bandara Abdulrachman Saleh yang berada di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang @ Instagram/abyyazid87
Bandara Abdulrachman Saleh yang berada di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang @ Instagram/abyyazid87

MALANGTODAY.NET Keputusan perihal peningkatan status Bandara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang menjadi bandara internasional sepertinya tinggal menunggu waktu.

Kepala Bakorwil Wilayah III Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto menyampaikan bahwa Gubernur Jawa Timur, Soekarwo telah mengirimkan surat tentang peningkatan status bandara Abd Saleh kepada Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga  Pakde Karwo: Jawa Timur Itu Tempat Belajar Pancasila

“Pak Gubernur sudah mengirim surat ke Pak Presiden. Dan tinggal tunggu peningkatan status bandara dari Menhub,” ujar Benny, baru-baru ini saat berkunjung ke Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Benny menambahkan, kewenangan soal peningkatan status bandara tersebut memang berada di tangan Kementerian Perhubungan. Kabar terbaru soal peningkatan status bandara ini pun membawa angin segar bagi penyelenggara pemerintahan di Malang Raya.

Seperti diketahui, sebelumnya peningkatan status bandara tersebut menyisakan perdebatan alot. Hal itu karena bandara Abd Saleh masih satu kompleks dengan kawasan latihan terbang TNI AU.

Dikhawatirkan, bila Abd Saleh mengalami peningkatan status, aktivitas di bandara juga bakal lebih padat dan berdampak pada terganggunya latihan terbang TNI AU.

Baca Juga  Bupati Boyolali Orang PDIP, Kubu Prabowo: Kami Tak Akan Minta Maaf!

Di lain sisi, Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi mengatakan, iklim investasi di Malang Raya bakal tambah hidup dengan adanya bandara internasional. Selain itu, jumlah kunjungan wisatawan dipastikan akan mengalami lonjakan.

“Kami sudah punya rencana untuk menunjang bandara internasional ini. Lawang kami jadikan wisata. Sementara Singosari menjadi kawasan khusus niaga,” terang Sanusi. (DHI/HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.