Soal Museum Situs Sekaran, Camat Pakis Pilih Tunggu Paparan Arkeolog
Situs Sekaran yang ditemukan di area proyek tol Pandaan-Malang tepatnya di Desa Sekarpuro Pakis@Dhimas Fikri/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Desa (Pemdes) Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang berencana membangun museum menindaklanjuti temuan Situs Sekaran di wilayahnya.

Rencana pembangunan museum itu sempat dilontarkan Kepala Desa Sekarpuro, Sulirmanto, belum lama ini. Museum tersebut nantinya akan difungsikan untuk menampung benda-benda yang ditemukan warga di Situs Sekaran.

Di sisi lain, Camat Pakis, Firmando Hasiholan Matondang mengatakan jika pihaknya belum bisa berkomentar banyak terkait pembangunan museum tersebut. Firmando menyampaikan, pihaknya akan menunggu hasil penelitian situs tersebut.

“Kami masih nunggu petunjuk dari pihak-pihak yang berwenang. Karena dalam waktu dekat ini pihak BPCB Trowulan akan melakukan paparan tentang hasil investigasi dan ekskavasi tim arkeolog,” ujar Firmando, baru-baru ini.

Mengenai benda-benda kuno yang diambil warga di area Situs Sekaran, Firmando menyebutkan bahwa memang alangkah baiknya jika benda-benda tersebut dikembalikan.

“Kita sampai saat ini menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Tapi untuk benda-benda tersebut, harus dikembalikan ke negara,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemdes Sekarpuro memiliki gagasan tersendiri soal Situs Sekaran. Mereka berencana membuat museum untuk menampung benda-benda yang ditemukan warga dari Situs Sekaran.

“Nantinya kami ingin membuat museum. Untuk sementara akan menggunakan ruangan di sebelah aula, untuk menyimpan barang-barang yang ditemukan warga ini. Tapi jika tidak muat bisa menggunakan aula,” ucap Kepala Desa Sekarpuro, Sulirmanto. (Dhi/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.