Asiknya SMK Bhakti Mulia Pare, Ulik Tentang Industri di Republik Telo
Kunjungan SMK Bhakti Mulia Pare ke Republik Telo (MalangTODAY.net)

MALANGTODAY.NET – Hari Kamis, (9/11), puluhan siswi SMK Bhakti Mulia Pare tidak belajar di dalam ruangan, melainkan belajar tentang pengembangan industri ke Republik Telo.

Sekitar pukul 09.00 WIB para siswi ini terlihat antusias untuk menambah wawasan mereka tentang dunia perindustrian. Ada 33 siswi yang mengikuti kunjungan dan berkesempatan untuk melakukan observasi secara langsung terhadap objek.

Ketua Panitia kunjungan, Hastiningrum, S.Pd mengatakan bahwa kedatangannya kali bertujuan untuk menyelaraskan teori yang ada di sekolah dengan realita.

“Tujuannya mengenalkan kepada siswa. Pembelajaran, teori yang diperoleh di kelas kemudian disesuaikan dengan kondisi realita, itu seperti apa. Misalkan pemasarannya bagaimana, kemudian pengolahannya,” jelas Hasti kepada MalangTODAY.net pagi ini.

Ia juga menambahkan bahwa Republik Telo dirasa pas sebagai tujuan kunjungan industri, karena sesuai dengan mata pelajaran ‘Perusahaan Manufaktur’ yang ada di sekolah.

Para siswi bisa belajar bagaimana menyediakan bahan baku dan memprosesnya hingga barang jadi.

Selain itu, dari segi penataan keuangan dan manajemennya juga bisa diambil sebagai contoh penerapan materi di sekolah.

Hasti pun berharap kepada siswi-siswinya, untuk bisa menguasai materi lapangan yang sudah di suguhkan oleh Republik Telo sendiri. Sehingga ilmu yang masuk pun seimbang, antara teori dan praktik.

“Harapannya itu supaya anak bisa menperoleh dan lebih yakin serta menguasai yang namanya bahan baku, bahan dasar dan sebagainya. Jadi menyeimbangi.” tuturnya lagi.

Mengenai penerapan dari materi di sekolah dengan praktik lapangan, Hasti mengaku bahwa banyak sekali yang bisa diterapkan. Misalnya seperti materi aktiva tetap perusahaan.

“Itu masuk di materi kita tentang pengelolaan aktiva tetap. Jadi banyak sekali, misalkan penggajian, meskipun kami tidak mengulas secara detail. Kemudian dipasarkan dimana, nah itu adalah sebagai masukkan ilmu. Bahwa ternyata untuk mengolah sebuah bahan bisa menjadi besar. Dari bahan yang sederhana bisa menjadi yang spektakuler, luar biasa hasilnya,” tambahnya.

Selain menjadi tempat pengolahan, Republik Telo juga menyediakan berbagai macam pelatihan seperti ‘Ayo Berkebun’ (untuk TK, SD, SMP, dan SMA), pelatihan design dan packing, pelatihan tepat guna, pelatihan pengolahan makanan dan minuman, dan terakhir pelatihan budidaya pertanian. (Ans)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda