Mayor Inf Teguh Prastowo paparkan wawasan kebangsaan kepada sejumlah siswa (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Sejumlah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raden Rahmat Dusun Sarirejo Desa Sumberputih Kecamatan Wajak antusias saat mendapatkan pendidikan karakter berupa wawasan kebangsaan dari Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 wilayah Kabupaten Malang.

Kepala Staf Kodim 0818 Kabupaten Malang-Batu, Mayor Inf Teguh Prastowo yang secara langsung memberikan materi wawasan kebangsaan kepada sejumlah siswa MI Raden Rahmat mengungkapkan bahwa Indonesia ini merupakan negara yang sangat kaya, salah satunya adalah dengan luas wilayah perairan yang ada.

“Sejak lama Indonesia dikenal dunia sebagai negara maritim karena luasnya wilayah perairan ini. Nusantara yang menjadi tanah air kita ini begitu luas, terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil yang dipisahkan dengan wilayah-wilayah perairan,” ujar Mayor Inf Teguh Prastowo, Senin (24/7).

Lebih lanjut, Teguh juga menyampaikan kepada siswa yang hadir mengenai sejarah bangsa Indonesia, mulai era kerajaan-kerajaan yang dulu pernah berjaya serta para pahlawan memerjuangkan kemerdekaan dari penjajahan asing hingga kondisi Indonesia di era modern seperti saat ini.

“Runtuhnya kerajaan-kerajaan besar yang pernah ada tidak lepas dari konflik dalam kerajaan, yang melemahkan pengaruh dan kekuasaannya. Hal ini dimanfaatkan oleh bangsa asing untuk terus mengadu domba sesama anak bangsa hingga masuk pada era perjuangan dengan munculnya organisasi lokal yang bernama Budi Utomo. Dengan lahirnya organisasi tersebut secara perlahan, bisa membuka wawasan berpikir bangsa Indonesia untuk terus menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan hingga diraih kemerdekaan seperti yang kita rasakan saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Yunus, Kepala MI Raden Rahmat sangat mengapresiasi Satgas TMMD ke-99 yang sudah memberikan materi wawasan kebangsaan kepada sejumlah siswa disekolahnya. Ia juga menambahkan bahwa materi wawasan kebangsaan yang diberikan bisa menjadi pelajaran berharga pada siswanya.

“Bisa menambah wawasan berpikir mereka agar mau mempelajari sejarah bangsa. Saya sangat bangga bahwa sekolah kami bisa didatangi oleh bapak-bapak TNI, apalagi berkesempatan untuk memberikan materi kebanggsaan secara langsung kepada murid-murid disini,” kata Yunus.(mas/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.