Bendera Merah Putih yang dibentangkan di tebing Lembah Kera Pagak (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Puluhan Siswa Pencinta Alam (Sispala) dari seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) Kabupaten Malang menggelar upacara dan membentangkan bendera Merah Putih berukuran raksasa pada tebing di Lembah Kera Kecamatan Pagak.

Salah satu pembina dari SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Hari Sudrajat menjelaskan upacara serta pengibaran bendera Merah Putih sengaja digelar di Lembah Kera Pagak karena pihaknya ingin menunjukkan bahwa Kabupaten Malang khususnya Malang Selatan juga memiliki potensi yang tidak kalah dengan daerah lain.

“Kita ingin Indonesia lebih bermacam-macam, jadi biar bisa jadi satu seperti bendera besar ini, bisa menyatukan anak-anak siswa se Malang Raya ini. Kita punya tebing di Malang Selatan kenapa tidak kita gunakan,” kata pria yang akrab disapa Grondong ini kepada MalangTODAY, Kamis (17/8).

Selama berlangsungnya upacara dan pengibaran bendera sendiri hampir tidak ada kendala yang berarti. Ada dua orang atlet panjat tebing yang melaksanakan pengibaran bendera berukuran raksasa tersebut.

“Proses pembuatan bendera sendiri kurang lebih sekitar satu minggu itu hasil iuran dari peserta antara 70 sampai 80 orang. Tahun lalu ukuran benderanya lebih kecil,” jelasnya.

Selain melakukan upacara dan mengibarkan bendera berukuran 16 meter kali 15 meter, Gondrong juga mengatakan ada serangkaian acara lagi seperti lomba panjat tebing yang diikuti Sispala (Siswa Pencinta Alam) Kabupaten Malang. Ini merupakan tahun kedua dimana pihaknya menggelar upacar di tebing Lembah Kera Pagak.

“Juri lomba panjat tebing langsung dari FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia). Harapannya kedepan ya bisa ada lagi yang lebih besar benderanya,” pungkasnya.(mas/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here