Senam Kebugaran Lansia Dari KKN 108 UMM Untuk Dusun Wiyurejo
Suasana senam lansia yang diadakan oleh KKN 108 di Dusun Wiyurejo, Pujon @KKN 108 UMM for MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Tak seperti umumnya, kalangan lanjut usia (lansia) di daerah desa masih memiliki produktivitas kerja yang tinggi. Namun kondisi tubuh yang mengalami kemunduran menjadi permasalahan yang patut diperhatikan. Beberapa kegiatan warga desa berbasis kesehatan perlu diterapkan untuk menjaga kebugaran tubuh mereka.

Atas dasar tersebut, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 108 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menginisiasi sebuah kegiatan yang memfasilitasi kebutuhan kesehatan bagi lansia di Dusun Wiyurejo, Desa Wiyurejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Program tersebut adalah senam lansia. Senam ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mereka sehingga tidak mengganggu produktivitas kerja mereka. Program senam ini dilaksanakan Selasa (31/7) pagi.

Baca Juga: Dukung Warga Wiyurejo Produktif Kerja: KKN 108 UMM Gelar Pengobatan Gratis

Tim KKN 108 yang berada di bawah bimbingan Luluk Dwi Kumalasari ini melihat adanya peluang program ini mengingat warga Dusun Wiyurejo tidak memiliki agenda rutin senam lansia. Padahal diakui program ini begitu diminati oleh warga. Lain halnya dengan beberapa dusun laindi Desa Wiyurejo yang sudah memiliki agenda senam lansia secara rutin.

Dipandu oleh Instruktur dengan Sertifikasi Khusus
Dipandu oleh Instruktur dengan Sertifikasi Khusus
Instruktur khusus senam lansia @KKN 108 UMM for MalangTODAY

Program senam ini dibutuhkan oleh warga mengingat agenda sehari-hari mereka yang sangat padat di sektor pertanian hingga peternakan. Selain itu, kondisi geografis yang berada di dataran tinggi membutuhkan tenaga ekstra. Maka dari itu, senam ini menjadi semacam kebutuhan yang seharusnya masuk dalam agenda rutin warga lansia.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh instruktur berpengalaman yang memenuhi kualifikasi sebagai instruktur senam khusus. Tak hanya itu, perlu adanya sertifikasi khusus untuk menunjukkan kompetensinya di bidang ini.

Baca Juga: KKN 09 UMM Tingkatkan Perekonomian Desa Duwet Lewat Permen Susu Duwet

Sesuai prediksi, kegiatan ini disambut dengan antusiasme tinggi. Di akhir acara, peserta senam juga mendapatkan susu berkalsium tinggi yang cocok untuk dikonsumsi oleh mereka.

Kegiatan ini diharapkan dapat diadakan dengan rutin, setidaknya satu kali dalam seminggu guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan di usia lanjut.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar