ilustrasi absensi pendeteksi wajah
ilustrasi absensi pendeteksi wajah @MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – PDAM Kabupaten Malang melangkah sedikit lebih maju daripada instansi lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

Pihak PDAM mencoba mengaplikasikan kecanggihan teknologi saat ini untuk meningkatkan kinerja para pegawai. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem absensi pendeteksi wajah.

Baca Juga: Pemerataan Pembangunan, Akses Jalan Desa Terpencil Dapat Perhatian
Penggunaan absensi pendeteksi wajah itu sudah di uji coba sejak April 2018 lalu. Dengan penerapan sistem absensi itu akan lebih mempermudah untuk memonitor pegawai.

“Masih ada beberapa kendala selama proses uji coba, terutama terkait dengan lemahnya jaringan internet pada Unit tertentu,” kata Humas PDAM Kabupaten Malang, Eko Priyo Ardianto belum lama ini.

Baca Juga: Unik! Satu Lagi Desa Wisata Hadir di Kabupaten Malang

Rencananya, absensi pendeteksi wajah itu tidak hanya diterapkan di kantor pusat di Kabupaten Malang, namun juga akan diterapkan di unit pelayanan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten.

“Nanti akan bisa kita pantau melalui smartphone,” terangnya.

Hadirnya terobosan baru itu diharapkan dapat memacu para pegawai PDAM untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, utamanya dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.


Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Raka Iskandar