Banjir akibat luapan sungai di Dusun Morotanjek RT 01 RW 07, Desa Purwoasri, Kecamatan Singosari (PMI Kabupaten Malang)
Banjir akibat luapan sungai di Dusun Morotanjek RT 01 RW 07, Desa Purwoasri, Kecamatan Singosari (PMI Kabupaten Malang)

MALANGTODAY.NET – Hujan dengan intensitas cukup deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya menyebabkan banjir di Dusun Morotanjek RT 01 RW 07, Desa Purwoasri, Kecamatan Singosari, Minggu (2/12/2018).

Berdasarkan laporan sementara yang didapat dari PMI Kabupaten Malang, air mulai menggenang sejak pukul 14.30 WIB. Hal itu lantaran hujan deras yang terjadi selama kurang lebih satu jam sejak pukul 13.30 WIB.

Kepala Sub Seksi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, dalam laporannya menyebutkan bahwa air bah tersebut berasal dari luapan sungai desa setempat yang tidak mampu menampung air hujan.

“Air sungai meluap dan masuk ke rumah warga,” kata pria yang akrab disapa mbah Tomo ini.

Tidak hanya merendam rumah warga, air juga meluap menggenangi jalan desa. Kendaraan yang melintas juga sempat terhambat oleh luapan air tersebut. Bahkan ada satu unit truk yang terperosok di selokan saat mencoba menembus banjir.

Ketinggian air yang menggenangi pemukiman warga mencapai hampir selutut orang dewasa. Banjir yang terjadi juga membuat warga sibuk menyelamatkan barang-barang berharga milik mereka.

Lebih jauh, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut. Tim gabungan dari KSR PMI Kabupaten Malang, Tagana Kabupaten Malang, Muspika Kecamatan Singosari dan perangkat desa langsung meninjau lokasi banjir.

“Pukul 16.45 WIB, air sudah mulai surut. Sementara, relawan PMI melakukan rapid asessment untuk pelaporan,” tandas mbah Tomo.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.