Ilustrasi @mmc2
Ilustrasi @mmc2

MALANGTODAY.NET – Salat tarawih adalah ibadah sunah muakad yang ada di Bulan Ramadan. Umumnya, salat tarawih dikerjakan selama 1,5 sampai 1 jam. Namun, di Magetan ada salat tarawih dengan waktu 8 jam. Bagaimana rasanya?

Salat tarawih dengan waktu 8 jam tersebut berada di Masjid Darussalam Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Magetan. Sama seperti salat tarawih pada umumnya, di ponpes ini juga menunaikan 23 rakaat dengan rincian 20 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat salat witir.

Salat tarawih ini dimulai usai salat Isya sampai waktu sahur. Pengerjaan waktu yang lama disebabkan mengkhatamkan 30 juz Alquran.

“Ini tadi mulainya pukul 19.00 WIB usai salat Isya dan akan berakhir nanti pukul 03.00 WIB, bersamaan orang makan sahur,” ucap salah satu imam salat, Ma’ruf, seperti dilansir dari Detik.com, Selasa (14/5/2019).

Ma’ruf menjelaskan bahwa mulai rakaat pertama hingga 20, imam akan membacakan 30 juz Alquran dengan estimasi waktu 24 menit. Estimasi waktu tersebut digunakan imam untuk membaca 1 hingga 1,5 juz. Hal ini bersambung secara urut hingga rakaat terakhir, 20.

Ma’ruf juga menambah sistem salat menggunakan salam per 2 rakaat.

“Jadi bacaannya mulai rakaat pertama, misal 1 juz dan 1,5 juz disambung ke rakaat kedua meneruskan bacaan rakaat pertama seterusnya sampai rakaat terakhir. Sistemnya juga sama, setiap dua rakaat salat, salam,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, ada 6 imam yang akan bergantian memimpin salat tersebut. Setiap imam kebagian 5 juz Alquran. Kemudian setiap pergantian imam, para jamaah memiliki waktu istirahat sekitar 15 menit untuk makan dan minum.

Bagaimana dengan di Malang?

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan di Malang. Tepatnya di Masjid Al Ikhsan Ponpes Salafiyah Shirotul Fuqoha’, Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Salat tarawih di sini terkenal dengan kecepatannya, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Bahkan pernah dengan waktu 7 menit dan itu menjadi tarawih tercepat di dunia.

Hal tersebut disebabkan oleh bacaan surat yang terbilang pendek dan cara membacanya yang cepat.

Salat tarawih di sini juga menggunakan sistem dua rakaat salam dan jumlah rakaat 20 salat tarawih dan 3 salat witir, total ada 23 rakaat salat.

Bagaimana ZensTODAY, tertarik untuk mengikutinya? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.