Pemerintah Kabupaten Malang Beri Bantuan Rumah Terdampak Puting Beliung di Singosari
Bupati Malang Rendra Kresna saat menyerahkan bantuan secara simbolis (yoga)

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kabupaten Malang sudah menyiapkan bantuan kepada warga yang terdampak bencana puting beliung di Desa Langlang, Kecamatan Singosari.

Bupati Malang menyampaikut hal itu saat meninjau lokasi bencana. Bantuan tersebut akan diserahkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang dan instansi lain yang menangani kebencanaan.

“Kalau korban ini jelas mendapat bantuan dari Pemerintah melalui BPBD dan organisasi-organisasi peduli kemanuasian seperti PMI. Dan juga bersama dengan TNI/Polri dalam membantu masyarakat desa membangun kembali rumahnya,” kata Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna kepada MalangTODAY.net, Rabu (08/03).

Terkait bantuan tersebut, pemerintah akan menyesuaikan dengan kerugian yang dialami oleh warga. Seperti diketahui, bencana tersebut telah merusak sebanyak 248 rumah warga dan 7 warga mengalami luka-luka.

“Semuanya pasti akan kita bantu. Yang rusak berat kita bangunkan. Dan yang ringan kita bantu untuk renovasi,” ungkap pria berkacamata itu.

Tidak hanya itu, ia juga berharap bantuan dari semua pihak agar penanganan cepat terselesaikan dengan cepet. Sebab menurutnya adanya bencana seperti ini harus dilakukan secara gotong royong.

“Kalau bergantung pada pemerintah tidak akan cepat selesai. Untuk itu masyarakat harus saling bergotong royong. Saya harapkan juga banyak pengusaha yang membantu material,” tambahnya.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Malang, Iriantoro, bantuan tersebut akan diserahkan langsung kepada masing-masing pemilik rumah yang rusak.

“Untuk bantuan uang tunai bagi yang rumahnya rusak berat kita berikan Rp 5 juta. Sedangkan yang rusak ringan Rp 500 ribu,” kata Iriantoro.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here